5 Alasan P2P Lending Pilihan Tepat Investasi Untuk Pemula

Apakah kamu salah satu orang yang baru mulai menyadari pentingnya investasi? Kalau kamu salah satu investor pemula, P2P lending bisa jadi pilihan yang tepat sebagai investasi untuk pemula. Memang, P2P lending termasuk salah satu instrumen investasi yang tergolong baru. Tapi, dalam waktu lumayan singkat, pertumbuhannya cukup signifikan di Indonesia. Kenapa para investor pemula banyak yang tertarik untuk melakukan investasi di platform P2P lending? Yuk, kita pelajari point-pointnya lebih lanjut!

Kamu Bisa Mulai dari Rp1.000.000

Kamu bisa memulai perjalananmu untuk melakukan P2P lending di platform ALAMI mulai dari nominal Rp1.000.000. Dengan jumlah yang relatif rendah, kamu nggak perlu mengambil risiko yang belum siap kamu ambil. Inilah alasan pertama kenapa P2P lending bisa jadi pilihan investasi untuk pemula yang tepat. Jumlah yang relatif rendah itu akan memudahkan kamu untuk belajar secara perlahan. Kamu akan merasa aman untuk test the water dan bisa memantau kira-kira bagaimana perkembangan dana kamu, dengan mulai dari jumlah yang kecil. Jika kamu sudah mulai percaya diri dan paham risikonya dan potensialnya, silahkan tingkatkan porsi dana yang akan kamu tempatkan di P2P lending!

Invoice Financing Yang Mudah Dipahami

P2P lending di ALAMI menawarkan skema produk invoice financing yang sangat mudah dipahami. Sebuah UKM yang telah menyelesaikan pekerjaan dan menunggu pembayaran dari pihak kliennya, mengajukan permohonan pembiayaan. Sebagai pendana, kamu akan mendapatkan pembayaran kembali jika sang klien telah melunasi tagihannya ke UKM dan imbal jasa akan diberikan ke kamu yang telah mendukung UKM untuk mendapatkan pembayaran atas pengerjaannya. Simpel, kan? Inilah alasan kedua kenapa P2P lending bisa jadi pilihan investasi untuk pemula yang tepat.

Baca Juga  Kolaborasi ALAMI dan Bank Syariah Mandiri Untuk Penyaluran Dana PEN

Risiko Yang Lumayan Rendah

Sebelum memberikan pendanaan, nggak banyak analisis yang terlalu teknis dan sulit yang harus kamu lakukan di P2P lending. Kamu cukup memeriksa apakah UKM tersebut mempunyai kualitas keuangan yang baik dan lancar, hubungan yang baik dengan si klien, dan bagaimana kualitas kliennya. Jika memang kualitasnya baik semua, harusnya risiko yang kamu ambil pun sangat rendah. Apalagi, semua informasi tersebut sudah disajikan dengan sangat jelas di platform ALAMI. Kamu bisa download factsheet masing-masing project pembiayaan yang memuat informasi lengkap setiap UKM. Bahkan, estimasi risiko dari masing-masing faktor risikonya sudah disajikan dalam bentuk colorcoded bars, yang mudah banget dipahami dan membantu proses pengambilan keputusan kamu.

Imbal Jasa Yang Bisa Memotivasi Investasi Untuk Pemula

Dalam waktu singkat, dengan P2P lending kamu bisa langsung belajar melihat dampak investasi terhadap uang yang kamu miliki. Jangka waktu P2P lending di ALAMI biasanya adalah antara 1-6 bulan, dengan imbal jasa 12-20%. Misalnya, kamu memilih UKM yang membutuhkan pembiayaan dan dapat mengembalikannya dalam jangka waktu 4 bulan. Imbal jasanya untuk proyek tersebut adalah 15% p.a. Dengan uang sebesar Rp5.000.000, dalam waktu 4 bulan, kamu bisa mendapatkan imbal jasa sebesar Rp 250.000. Sehingga, uang kamu sudah menjadi Rp5.250.000 ketika dikembalikan ke kamu! Not bad, kan?

Bisa Disimpan di RDF dan Diputar Kembali

Sistem P2P lending di platform ALAMI sudah menggunakan virtual account untuk setiap Pendana, atau istilahnya Rekening Dana Funder (RDF). Uang yang ada di RDF kamu bisa digunakan untuk memberikan pendanaan, dan setelahnya, jika kamu sudah menerima kembali uang kamu, kamu bisa menarik kembali ke rekening pribadi kamu. Atau, kamu juga bisa menyimpannya disitu, sampai akhirnya kamu menemukan pembiayaan berikutnya yang jadi tempat pas untuk kamu memutar kembali uangmu untuk mendapatkan imbal jasa yang lebih lagi. It’s all up to you, dan prosesnya juga sangat mudah dipahami dan diikuti.

Baca Juga  Ingat 8 Tips Berhemat Ini Untuk Keuangan Tangguh

Sebagai investor pemula, tentu kamu memerlukan instrumen dan platform investasi yang fussfree, simpel, mudah dimengerti, dan memberikan kamu pengalaman belajar investasi yang rendah risiko namun dengan imbal balik yang memuaskan. Nah, semua hal tersebut akan kamu temukan di P2P lending yang disediakan dalam platform ALAMI. Makanya, P2P lending bisa jadi pilihan investasi untuk pemula yang tepat!

Pic source: @penvipada151 via Twenty20

Platform peer-to-peer financing syariah ALAMI mempertemukan UKM dengan pemberi pembiayaan. Teknologi kami menganalisa ratusan data untuk menghasilkan pembiayaan yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. Daftar sekarang untuk menjadi pendana ALAMI dan nikmati kemudahan proses pembiayaan syariah yang lebih efisien, akurat dan transparan.