Pemerintah sudah menetapkan 1 Ramadhan 1442 hijriah jatuh pada Selasa, 13 April 2021. Berarti di hari Senin 12 April 2021 malam ini kita sudah bisa melaksanakan shalat tarawih. Tarawih adalah shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari di bulan Ramadhan. Selain itu, pelaksanaan shalat tarawih juga biasanya ditutup dengan shalat witir dengan jumlah rakaat ganjil. Maka dari itu ada keutamaan tersendiri dalam melaksanakan shalat tarawih di bulan Ramadhan.

Apa keutamaan shalat tarawih di bulan Ramadhan?

Di bulan Ramadhan setiap amalan yang dilakukan akan mendapatkan pahala berkali-kali lipat dibanding dengan bulan-bulan lainnya. Karena shalat tarawih selalu dilakukan di bulan Ramadhan, maka amalan ini memiliki keutamaan yang sangat besar, berikut adalah beberapa keutamaan melaksanakan shalat tarawih:

Keutamaan Shalat Tarawih

  1. Diampuni Dosanya

Menurut salah satu hadis menjelaskan pada bulan Ramadhan kewajiban seorang Muslim adalah melakukan puasa pada siang hari dan pada malam harinya melakukan shalat tarawih. Barang siapa yang melakukan ibadah tarawih ia akan bebas dari dosa-dosa yang pernah ia lakukan, baik itu dosa kecil maupun dosa besar. Ada pun hadis yang menyebutkan keutamaan shalat tarawih adalah diampuni dosanya sebagai berikut:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa melakukan qiam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Pahalanya Setara dengan Melaksanakan Shalat Qiamulail Semalaman

Tarawih jika dilakukan secara berjemaah maka pahala yang didapatkan akan sama seperti melaksanakan shalat qiamulail yang lain seperti shalat tahajud selama satu malam penuh. Keutamaan shalat tarawih yang satu ini disebutkan juga di dalam hadis Rasulullah yang berbunyi sebagai berikut:

Baca Juga  5 Langkah Memulai Perjalanan Hijrah Finansialmu

مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَة

“Siapa saja yang ikut shalat tarawih berjemaah bersama imam sampai selesai maka untuknya itu dicatat seperti shalat semalam suntuk.” (HR. Abu Daud dan Turmudzi).

  1. Meningkatkan Ketakwaan kepada Allah SWT

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh pengampunan dosa serta setiap doa diijabah oleh Allah SWT. Dengan melaksanakan tarawih setiap malam di bulan Ramadhan adalah bentuk ketakwaan seorang hamba kepada Allah SWT, dan meminta ampunan kepada-NYA. 

  1. Mempererat Tali Silaturahmi Antar Sesama Muslim

Melaksanakan shalat tarawih secara berjemaah, secara tidak langsung kita sedang melakukan amalan yang dianjurkan juga dalam agama Islam, yaitu silaturahmi. Terlebih di bulan Ramadhan, segala amal dan ibadah yang dilaksanakan akan berlipat-lipat ganda pahalanya. 

  1. Meningkatkan Kesehatan

Melaksanakan tarawih di setiap malam di bulan Ramadhan, selain bisa menyehatkan rohani kita, meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, juga bisa menyehatkan kesehatan badan secara fisik. Gerakan shalat yang dilakukan secara berkali-kali dapat membakar kalori dari makanan yang dikonsumsi saat berbuka. 

Hukum Shalat Tarawih

Tarawih dilaksanakan setiap tahunnya di bulan Ramadhan, hukum mengerjakannya adalah sunnah bagi kaum laki-laki dan perempuan. Anjuran tentang shalat tarawih juga tertuang dalam hadis berikut ini: 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُرَغِّبُ فِي قِيَامِ رَمَضَانَ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَأْمُرَهُمْ فِيهِ بِعَزِيمَةٍ فَيَقُولُ مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ 

Dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anh Rasulullah gemar menghidupkan bulan Ramadhan dengan anjuran yang tidak keras. Beliau berkata: ‘Barang siapa yang melakukan ibadah (shalat tarawih) di bulan Ramadhan hanya karena iman dan mengharapkan ridha dari Allah, maka baginya diampuni dosa-dosanya yang telah lewat” (HR Muslim).

Baca Juga  Kisah Nouman Ali Khan Hijrah pada Islam dari Agnostik Menjadi Dai Luar Biasa

Shalat tarawih tak lengkap rasanya bisa ditutup dengan shalat witir. Shalat witir ini biasa dilaksanakan sebagai penutup shalat malam seperti shalat tahajud dan shalat tarawih. Setelah membahas mengenai keutamaan shalat tarawih, sekarang dibahas juga mengenai shalat witir berikut ini: 

Shalat Witir

Selain shalat tarawih yang dilaksanakan setiap malam sehabis shalat isya, biasanya ditutup dengan shalat witir. Shalat Witir adalah penutup dari qiamulail atau shalat malam seperti shalat tahajud dan shalat tarawih. Rakaat shalat witir berjumlah ganjil seperti tiga, lima dst. Sehingga jika menjadi penutup shalat tarawih maka jumlahnya bisa 11 rakaat untuk shalat tarawih berjumlah 8 rakaat, dan 23 rakaat untuk shalat tarawih berjumlah 20 rakaat. 

Anjuran untuk melaksanakan shalat witir ini bisa ditemukan di sejumlah hadis. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ قَدْ أَمَدَّكُمْ بِصَلَاةٍ وَهِيَ خَيْرٌ لَكُمْ مِنْ حُمْرِ النَّعَمِ وَهِيَ الْوِتْرُ فَجَعَلَهَا لَكُمْ فِيمَا بَيْنَ الْعِشَاءِ إِلَى طُلُوعِ الْفَجْر

Sesungguhnya Allah telah mewajibkan bagi kalian sebuah shalat yang dia lebih baik bagi kalian daripada unta merah yaitu shalat witir, dan telah menjadikannya berada di antara shalat isya hingga terbit fajar”. (HR. Abu Dawud)

Seperti yang telah disebutkan di atas jumlah rakaat shalat witir adalah ganjil mulai dari satu, tiga, lima dan seterusnya. Setiap bulan Ramadhan, banyak umat muslim mengerjakan shalat witir dengan tiga rakaat, terutama yang berjamaah di masjid. 

Ada dua cara dalam melaksanakan shalat witir tiga rakaat. Pertama adalah mengerjakan 2 rakaat kemudian salam, lalu mengerjakannya lagi satu rakaat. Ada pula yang mengerjakannya 3 rakaat sekaligus. Tapi yang paling banyak dilaksanakan adalah cara yang kedua. 

Baca Juga  Perbedaan Zakat, Infak dan Sedekah yang Wajib Kamu Ketahui

Niat Salat Witir Sendiri Tiga Rakaat Sekaligus

 اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلَاثَ رَكْعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى 

Ushalli sunnatal witri tsalâtsa raka‘âtin mustaqbilal qiblati adâ’an lillâhi ta‘âlâ 

“Aku menyengaja sembahyang sunnah shalat witir tiga rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala”.

 

Dapatkan Jadwal Shalat, Al-Quran Digital hingga Arah Kiblat di ALAMI Mobile App

Setelah dijelaskan bagaimana keutamaan shalat tarawih dan shalat witir, tak lengkap rasanya mendownload aplikasi ALAMI di Play store dan App Store. Sebab, di aplikasi ALAMI terdapat fitur-fitur yang akan membantu kamu memudahkan beribadah selama bulan suci Ramadhan. Terdapat jadwal shalat dan imsyakiah di dalam ALAMI Mobile App. 

Hal ini memudahkan kamu untuk mengetahui berapa lama lagi waktu shalat yang akan datang, atau berapa lama lagi waktu berbuka puasa dan waktunya imsyak. Ada aplikasi Al-Quran digital di ALAMI Mobile App, bisa memudahkan kamu membaca Al-Quran kapan pun. Apalagi di bulan suci Ramadhan ini, memperbanyak baca Al-Quran akan terus menambah pahalamu. 

Maka dari itu jangan ragu untuk mendownload ALAMI Mobile App di Play Store dan App Store sekarang juga!. 

ALAMI Mobile App selain membantu dan memudahkanmu dalam beribadah, kamu bisa memanfaatkan ALAMI Mobile App untuk mengembangkan keuanganmu lebih baik lagi dengan menggunakan prinsip-prinsip syariah. 

Mengembangkan keuanganmu secara syariah di ALAMI, kamu bakal mendapatkan pengalaman meraih passive income melalui pendanaan syariah yang berizin dan diawasi oleh OJK, dengan TKB90 100%! 

Install dan daftar sekarang menjadi Pendana ALAMI. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik link ini!