Pembicaraan tentang resesi sudah mulai sering terdengar. Pemerintah pun sudah mengingatkan bahwa negara kita sudah berada di ambang resesi. Di saat-saat genting seperti inilah, kita perlu mengingat lagi bahwa Allah SWT sudah mengatur rezeki kita dan Dia juga sudah memberikan petunjuk, baik lewat lisan Rasulullah SAW maupun lewat Kalam-Nya, Al-Qur’an. Yuk, simak seperti apa yang menjadi panduan dalam Islam tentang meraih rezeki berkah!

Magnet Rezeki Berkah #1: Panggil Nama Allah Ar-Rahmaan

5 Magnet Rezeki Berkah

Menurut Ustadz Adi Hidayat lewat salah satu kelasnya, segala sesuatu yang berhubungan dengan keperluan kita sebagai manusia dipenuhi oleh nama Allah sebagai Ar-Rahmaan. Sebagai salah satu cara berdoa, menyebut Asmaul Husna (nama-nama Allah) adalah bagian yang sangat penting sebagai pendorong doa, sama seperti yang biasanya dilakukan oleh kita dengan membaca Surat Al-Fatihah. Nama Allah Ar-Rahmaan ini berarti mewakili semua kasih sayang-Nya Allah secara umum, dan bisa kita panggil ketika kita membutuhkan apapun yang kita perlukan, baik secara fisik, material, maupun batin.

Magnet Rezeki Berkah #2: Beriman & Bertakwa

5 Magnet Rezeki Berkah

Di dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 168, Allah mengatakan kepada semua manusia: “hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi…”

Artinya, disini Allah mempersilahkan semua manusia untuk mencari rezeki dari apa yang didapat di bumi.

Namun, ketika di dalam Q.S. Al-Baqarah 172, Allah SWT menggunakan redaksi yang berbeda. Kali ini, Allah bicara kepada orang-orang yang beriman.

Baca Juga  Ini Penjelasan 5 Nilai P2P Lending Syariah di ALAMI

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.”

Digarisbawahi oleh Ustadz Adi Hidayat di pembahasan video yang bisa kamu tonton di sini, bahwa ketika berbicara dengan orang beriman, Allah mengatakan bahwa Ia yang akan memberikan kepada mereka. Tidak ada pembahasan tentang “mencari di bumi” dan juga tidak disebutkan lagi tentang “halal” karena yang Allah maksud disini adalah, orang beriman pasti tidak akan mau mencari rezeki dari jalan yang tidak halal.

Selain itu, Allah kemudian melanjutkan lagi di Q.S. Al-A’raf ayat 96:

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi…”

Mereka yang tidak hanya beriman, tapi juga bertakwa (takut akan konsekuensi yang dihadapi jika melanggar ketentuan Allah) pasti Allah yang akan memberikan kepada mereka berkah (keluasan, kelapangan, kebaikan), tidak hanya dari bumi, tetapi juga langsung dari langit.

Magnet Rezeki Berkah #3: Perbanyak Istighfar

5 Magnet Rezeki Berkah Ini Perlu Kamu Ketahui 1

Seorang ulama besar pernah didatangi oleh berbagai orang yang mempunyai permasalahan yang berbeda. Untuk kesemuanya, termasuk dalam permasalahan rezeki, beliau tetap mengusulkan satu hal: perbanyaklah beristighfar.

Istighfar dengan semua esensi artinya, yaitu memohon ampun kepada Allah, menyadari kesalahan-kesalahan kita, dan juga menyesalinya, untuk kemudian bertekad menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi magnet keberkahan rezeki bagi mereka yang beriman dan bertakwa.

Baca Juga  Raih Keberkahan Berbisnis dengan Niatkan 11 Hal Ini!

Ketika ditanya kenapa beliau melakukan hal tersebut, ia kemudian mengutip dari Q.S. Nuh ayat 10-12.

“Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu, dan mengadakan sungai-sungai untukmu.”

Magnet Rezeki Berkah #4: Ambil Rahasia di Pagi Hari

5 Magnet Rezeki Berkah Ini Perlu Kamu Ketahui 2

Rasulullah SAW bersabda “Berpagi-pagilah pergi mencari rezeki, karena sesungguhnya pada pagi hari itulah terletak berkah dan keberhasilan” – H.R Thabrani.

Ia juga pernah mendoakan umatnya yang bekerja di pagi hari kepada Allah SWT.

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”- H.R. Abu Daud No. 2606.

Dikutip lewat Rumaysho.com, sahabat yang mewariskan hadits tersebut dari Rasulullah SAW adalah seorang pedagang, yaitu Shokr ibn Wada’ah dan ia selalu menjalankan hadits tersebut sehingga akhirnya ia menjadi kaya raya.

Bukan berarti di waktu lain tidak berkah, namun hanya saja Rasulullah SAW telah mengkhususkan waktu pagi dalam hal keberkahannya.

Magnet Rezeki Berkah #5: Bekerja Keras  

5 Magnet Rezeki Berkah Ini Perlu Kamu Ketahui 3

Rasulullah SAW juga pernah mengatakan betapa senangnya Allah dengan hamba-Nya yang bekerja keras.

“Sesungguhnya Allah Taála senang melihat hambaNya bersusah payah (lelah) dalam mencari rezeki yang halal” (H.R. Ad-Dailani)

Semangat terus mencari peluang rezeki dan bekerja keras ya, karena kalau Allah sudah senang…pasti kita juga akan senang.

Baca Juga  Belajar Lebih Dalam Tentang P2P Lending di ALAMI

Walaupun Allah di atas segala perbandingan, tetapi ibaratnya, jika kita membuat senang seorang raja dunia saja, pasti dia akan membuat kita senang juga. Apalagi jika kita membuat senang Allah, penguasa dan pengatur langit dan bumi.

Sumber Photo:

Kiy Turk, Afiq Fatah, Fransisco Gonzalez, Tanya Syf, Chronis Yan, and Brooke Cagle on Unsplash.

Platform peer-to-peer financing syariah ALAMI mempertemukan UKM dengan pendana. Teknologi kami menganalisa ratusan data untuk menghasilkan pembiayaan yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. Daftar sekarang untuk menjadi pendana ALAMI dan nikmati kemudahan proses pembiayaan syariah yang lebih efisien, akurat dan transparan.