Yang kamu nanti-nanti, sudah tiba nih! ALAMI Mobile App akhirnya hadir di tengah kita semua. Mulai hari ini, 5 Oktober 2020, kamu sudah bisa download ALAMI Mobile App Android dari Google Playstore. Sudah sempat download hari ini? Butuh informasi lebih untuk eksplorasi berbagai menunya? Yuk, kenali lebih dalam, ada fitur apa saja di ALAMI Mobile App!

Register Sebagai Pendana Melalui ALAMI Mobile App

Belum punya akun? Silakan pilih menu Daftar, dan lengkapi data diri kamu. Pastikan kamu kemudian memeriksa email untuk melakukan verifikasi akun kamu. Setelah melakukan verifikasi melalui email, teruskan ke tahap pengaturan tanda tangan elektronik bersama DigiSign. Dalam setiap langkahnya, kamu akan dipandu oleh instruksi dari mobile app. Sudah selesai semuanya? Artinya kamu sudah bisa login dan mulai mendanai di ALAMI!

Login ALAMI Mobile App dengan Biometrik

ALAMI Mobile App Android Launching

Ketika selesai instalasi ALAMI Mobile App, kamu akan mendapatkan prompt untuk melakukan pengaturan pengenalan sidik jari supaya pengalaman login kamu bisa jauh lebih praktis. Proses pengaturannya pun gampang banget. Kamu tinggal ikuti instruksi simpel dari app, it only takes seconds! Fitur ini selain praktis, juga jadi hits banget karena tentunya jauh lebih aman untuk kamu, ya!

Login ALAMI Mobile App dengan Cara Lain

Untuk pilihan masuk lainnya, kamu bisa memasukkan email dan password kamu, atau bisa juga pilih untuk masuk dengan Google. Kamu bisa masukkan email Gmail kamu, dan kalau sudah punya akun di ALAMI, maka setelah kamu memberikan izin, kamu bisa langsung bisa masuk ke Dashboard!

Kenali Berbagai Menu Utama ALAMI Mobile App

ALAMI Mobile App Android Launching

Ada 5 menu utama di ALAMI Mobile App, yang bisa kamu lihat di bagian bawah aplikasi.

Dashboard: Dashboard adalah bagian yang akan kamu lihat pertama kali begitu kamu berhasil masuk.

Di bagian paling atas, kamu akan diberitahu berapa lama lagi waktu yang kamu miliki dari waktu sekarang sampai ke waktu sholat berikutnya. Iya dong, tentunya ALAMI Mobile App committed banget untuk support kamu dalam perjalanan memperbaiki diri untuk beribadah lebih baik lagi. Jangan sampai kamu kelewatan atau nggak inget saatnya shalat, ya!

Di sini, kamu bisa lihat data Rekening Dana Funder (RDF) kamu dan berbagai menu terkaitnya, seperti Isi Dana RDF, Tarik Dana, sampai Mutasi RDF.

Baca Juga  UMKM dan Keuangan Syariah

Kamu juga langsung bisa lihat Ringkasan Performa kamu, yaitu pendanaan yang sudah diselesaikan dan jumlah total ujrah yang sudah kamu terima. Selain itu, ada juga informasi Pendanaan Berjalan, mulai dari jumlah Pendanaan Aktif, nominal total Pendanaan Aktif, estimasi ujrah yang akan kamu terima dan timeline waktu kamu akan menerimanya.

Dashboard juga akan memuat 3 artikel terbaru yang bisa kamu baca dari Blog ALAMI, dan link untuk baca artikel lainnya.

Di bagian bawah Dashboard, ada Kalender Pendanaan! Ini dia fitur yang disukai banget sama pendana. Kamu bisa dapat reminder kapan ujrahmu bisa kamu terima untuk semua pendanaan yang sedang berjalan.

Portofolio: Menu portofolio akan menunjukkan total pendanaan berjalan yang sedang kamu lakukan, total proyeksi imbal hasil yang akan kamu terima, serta detail campaign dari masing-masing pendanaan kamu.

ALAMI Mobile App Android Launching

Pendanaan: Nah, kamu perlu klik menu ini kalau kamu ingin tahu, campaign pendanaan apa saja yang sedang berlangsung! Kamu akan terima notifikasinya realtime kok ketika ada update campaign pendanaan baru, jadi kamu nggak akan miss out!

ALAMI Mobile App Android Launching

Islami: Begitu kamu klik menu ini, kamu akan diantarkan ke berbagai artikel inspiratif! Mulai dari pembahasan ekonomi syariah, kisah inspirasi hijrah, tips and tricks kehidupan keuangan, sampai berbagai cerita yang membuat kamu bisa merasa lebih dekat dengan ALAMI.

Di bagian bawah halaman ini, jelajahi berbagai fitur Islami lainnya dari ALAMI:

Kiblat – untuk saat-saat ketika kamu lagi harus banget pergi keluar dan tiba waktu sholat, kamu bisa cek di ALAMI Mobile App kemana harus mengarahkan sajadahmu.

Shalat – Jadwal sholat dari mulai imsak, subuh sampai tengah malam, bisa juga kamu cek di sini. Plus, ada juga perhitungan berapa lama lagi dari waktu sekarang sampai ke jadwal sholat berikutnya! Can you tell we love this feature so much?

Quran – Ketika kamu klik menu Quran, kita akan langsung menyajikan Al-Quran versi Kemenag berikut terjemahannya.

ALAMI Mobile App Android Launching

Plus, satu lagi keistimewaan fitur Quran di ALAMI Mobile App. Kamu bisa share ayat-ayat Quran favorit kamu ke orang-orang terdekat dan tersayang kamu! 🙂 Atau, bisa juga kamu ngingetin temen-temen kamu jadwal sholat.

Kamu tinggal klik menu “Bagikan Jadwal Sholat” di halaman Jadwal Sholat, atau klik di ayat yang ingin kamu bagikan. Ketika ayatnya kamu klik, akan muncul pilihan untuk “Salin Ayat” atau “Bagikan”. Menu Bagikan memberikan kamu pilihan untuk sharing jadwal sholat dan ayat Quran ke Facebook News Feed, WhatsApp, Linkedin, email, Telegram, dan sebagainya.

Baca Juga  Mengenal Apa Itu ISO dan Pentingnya Buat Perusahaan

Duhh…dahsyat kan ALAMI Mobile App? Selain memudahkan kamu hijrah finansial, juga memudahkan kamu berbagi kepedulian sama semua orang kesayangan kamu.

Profil: Klik menu Profil kalau ingin melihat profil kamu, kelengkapan dokumen, rekening kamu dan data apa saja yang perlu kamu ubah. Pastikan semuanya sudah akurat dan updated, ya!

Memulai Pendanaan di ALAMI Mobile App

Nah, sudah siap mencoba mendanai di ALAMI Mobile App? Dari Dashboard, kamu bisa klik logo ALAMI di tengah bawah, yang akan membawamu langsung ke halaman Pendanaan. Begitu klik Pendanaan, kamu bisa melihat campaign yang masih aktif.

Pilih pendanaan yang tersedia, dan kamu akan disajikan Detail kampanye pembiayaan tersebut.

Misalnya: Jumlah Pembiayaan yang dibutuhkan, Slot Pendanaan yang masih dibutuhkan, Wilayah bisnis, Imbal Hasil, tanggal jatuh tempo, informasi pembiayaan (dokumen fact sheet), Info Perusahaan, Info Pemberi Kerja (Payor), Riwayat Pembiayaan & Pembayaran dari UKM tersebut yang mengajukan pembiayaan.

Butuh info lebih lanjut? Kamu bisa lihat menu Penilaian yang dilakukan oleh ALAMI Squad, terkait kualitas/rating dari Bouwheer Rating dan Beneficiary Rating dari faktor kualitatif dan kuantitatif. Semakin tinggi ratingnya, menandakan semakin bagus juga kualitasnya, dan tingkatan kualitas ini pun ditandai dengan warna yang berbeda: merah untuk nilai rendah, orange untuk nilai medium rendah, hijau untuk nilai medium tinggi, dan biru untuk nilai tinggi, supaya mudah dipahami untuk mata kamu!

Data Keuangan UKM tersebut juga disajikan di menu Keuangan, dengan informasi Laba Rugi, Neraca, Rasio Profitabilitas, Leverage & Likuiditas. Semua disajikan dengan grafis yang sangat mudah dilihat dan dipahami.

Di bagian bawah app, kamu bisa lihat lamanya pendanaan akan berakhir, tombol “Danai Sekarang”, dan tombol Customer Service, yang akan memberikan kamu pilihan untuk menghubungi lewat WhatsApp atau lewat telepon.

Ketika kamu sudah pilih campaign pembiayaan mana yang akan kamu danai, silakan pilih tombol “Danai Sekarang” untuk mendanai.

Baca Juga  Penjelasan Zakat Fitrah, Dalil, Cara, Nominal, & Hikmahnya

Kemudian, kamu masukkan Nominal Pendanaan. Pastikan kamu sudah transfer uang dari rekening kamu ke RDF kamu, ya! Jika dana di RDF tidak cukup, kamu tidak akan bisa memasuki uangnya ke dalam kampanye pembiayaan.

Ketika memasukkan Nominal Pendanaan, kamu bisa langsung melihat juga estimasi imbal jasa yang akan kamu dapatkan.

Klik Danai Sekarang, dan teruskan ke proses penandatanganan akad melalui DigiSign. Ikuti terus instruksi dari app ALAMI ya, sampai kamu menerima konfirmasi email dan notifikasi bahwa dana di RDF kamu sudah dikunci untuk pembiayaan tersebut.

Menu Lainnya dari ALAMI Mobile App

Notifikasi

Di sudut kanan atas, kamu bisa melihat ada icon gambar beduk. Klik icon-nya untuk melihat semua notifikasi yang perlu kamu baca.

Kontak Kami, Bantuan, Tentang Aplikasi

Sementara di sudut kiri atas, kamu bisa klik icon tiga garis kalau kamu butuh bantuan dan punya pertanyaan lebih lanjut. Kamu bisa pilih menu Kontak Kami kalau ingin langsung chat dengan WhatsApp Customer Service ALAMI Squad, ngobrol lewat telepon dan bertanya melalui email.

Kalau mau baca-baca FAQ atau mengajukan pengaduan, bisa klik di menu Bantuan.

Untuk keterangan tentang versi app yang kamu miliki, Kebijakan Privasi dari ALAMI, dan Ketentuan Pengguna, kamu bisa klik di menu Tentang Aplikasi. Di bagian paling bawah, kamu juga bisa lihat ada pilihan untuk Keluar dari app kalau kamu sudah selesai menggunakannya.

That’s it! Simpel dan berguna banget ya? Kalau masih ada yang bingung, pengen ditanya, atau sebatas saran dan masukkan, jangan ragu untuk menghubungi ALAMI, ya! Kita akan senang sekali mendapat komentar dari kamu.

Kalau kamu juga suka dengan ALAMI Mobile App, jangan lupa tinggalkan review dan bintang lima dari kamu di link ini, supaya semua juga makin yakin untuk download dan menggunakan ALAMI Mobile App. Thank you!

Kamu masih belum sempat download dan sekarang jadi penasaran? Mungkin itu adalah pertanda kalau kamu harus cepat-cepat mampir ke Google Playstore untuk download ALAMI Mobile App. Silakan klik link-nya ya! We can’t wait to have you inside!

Saatnya merasakan pengalaman raih pendapatan pasif lewat pendanaan syariah yang berizin dan diawasi oleh OJK, dengan TKB90 100%! Install dan daftar sekarang menjadi Pendana ALAMI.