Banner

Liburan akhir tahun sudah dekat, tapi masih belum bisa kemana-mana? Mungkin ini saatnya kamu ngelirik lagi tabungan kamu supaya lebih produktif. Lihat yuk beberapa cara dari kami Alami Sharia bagaimana kamu bisa menggunakan P2P lending syariah untuk tabunganmu! Mudah-mudahan, kamu jadi lebih bisa cepat sampai ke tujuan keuangan yang ingin kamu capai!

Cara Manfaatkan P2P Lending Untuk Tabunganmu #1: Tentukan Motivasimu

Pahami lagi kenapa kamu mulai menabung, apa yang sebenarnya pengen kamu capai. Nah, untuk kamu yang nggak mau menanggung risiko yang tinggi dari instrumen investasi pilihanmu, tapi punya dana tabungan yang cukup, dan pengen bisa nambah jumlahnya sedikit demi sedikit, P2P lending adalah instrumen yang pas untuk kamu.

Dengan tenor yang cukup pendek (kebanyakan hanya 3-4 bulan), plus imbal jasa yang kompetitif dengan instrumen investasi yang berisiko tinggi dan jangka panjang, P2P lending ini cocok untuk kamu yang mempunyai dana yang terbatas, nggak bisa menanggung risiko yang terlalu besar, dan butuh uangmu kembali dalam jangka pendek.

Selain memastikan profilmu dan motivasimu, kamu juga bisa tentukan berapa dana yang ingin kamu alokasikan untuk P2P, kemudian berapa yang ingin/kamu perlukan.

Misalnya kamu bisa menyisihkan Rp 100.000.000 dari tabunganmu dan ingin menambahnya menjadi Rp 105.000.000 dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun, tanpa mengambilnya lagi dari pendapatan masa depan kamu.

Baca Juga  Ini 3 Tahapan Mengenalkan Pengelolaan Uang Kepada Anak

Berarti, kamu perlu mengumpulkan total ujrah selama Rp5.000.000 dalam waktu 10 bulan. Jika kamu menyisihkan Rp100.000.000 di dalam campaign yang memberikan imbal jasa 15% dan tenor 3 bulan (90 hari), maka kamu bisa mendapatkan sekitar Rp103.750.000 dalam 3 bulan.

Setelah itu, kamu bisa putarkan lagi dalam campaign sejenis. Setelah mendapatkan kembali uangmu, kamu bisa mencari pembiayaan serupa lagi jika ada. Tapi, kamu memutarkan bukan hanya modal awal, melainkan full beserta ujrahnya yang sudah kamu terima (Rp103.750.000). Misalnya, setelah selang 1 bulan. Nah, kamu pun sudah bisa mengumpulkan lebih dari 5.000.000 sebagai ujrahmu dalam waktu kurang dari 10 bulan. Tujuanmu pun sudah tercapai, deh!

Cara Manfaatkan P2P Lending Alami Sharia Untuk Tabunganmu: Cari Imbal Jasa Tinggi

Untuk memaksimalkan tabunganmu dalam waktu singkat, pastikan kamu memeriksa dulu berapa imbal jasa yang bisa dihasilkan. Ketika ada pengumuman pembiayaan, pastikan kamu memilih tingkat imbal jasa tertinggi yang ditawarkan. Misalnya, sekitar 15-16% p.a. Pastikan kamu selalu melihat estimasi ujroh yang diberikan ya dengan persentase imbal hasil tersebut, dan cocokkan lagi dengan tujuan keuangan yang sudah kamu tentukan di awal tadi.

Beda ceritanya kalau kamu memang punya waktu yang lebih panjang, misalnya mengembangkan uang tabunganmu dalam 2 tahun. Nah, kalau begitu, kamu bisa kombinasikan juga dengan pembiayaan dengan tingkat imbal jasa sekitar 13-14% p.a dari Alami Sharia.

Baca Juga  Agile Leadership: Pelajari 5 Langkah Pintar Dalam Pengambilan Keputusan

Cara Manfaatkan P2P Lending Untuk Tabunganmu#3: Ambil Ujrohnya, Putarkan Kembali Modal Awalnya

Pengen hidup dari tabungan, tanpa mengorbankan jumlah awal tabungan? Nah, kamu juga bisa memanfaatkan ujroh Alami Sharia yang kamu terima untuk biaya hidupmu. Yang kamu putarkan hanya modal awal jumlah tabungan yang kamu sisihkan. Misalnya, di dalam kasus di atas di point no. 1. Kamu hanya memutarkan kembali Rp100.000.000. Ujrahnya kamu pakai buat sedekah ke panti yatim piatu, ngasih orangtua, atau untuk nambahin saldo Go-Pay kamu. Uang gajimu pun tetap aman, sedekah tetap terpenuhi, plus kebutuhanmu tetap bisa terpenuhi. Modal awal tabungan pun tetap bisa kamu putarkan kembali.

Nah, bagaimana? Ternyata banyak cara untuk mengoptimalkan lagi tabunganmu lewat P2P lending syariah. Sudah coba mendanai? Yuk, sharing-sharing cerita biasanya kamu ngapain aja, bagaimana strategi kamu memanfaatkan P2P lending dari Alami Sharia , dan untuk apa saja ujroh yang kamu dapatkan.

Yuk, lakukan hijrah finansial melalui pendanaan untuk UKM dengan prinsip syariah dan didukung proses yang nyaman, aman, dan efisien dengan teknologi. Platform peer-to-peer financing syariah ALAMI mempertemukan UKM dengan pemberi pendana. Teknologi kami menganalisa ratusan data untuk menghasilkan pembiayaan yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. Daftar sekarang untuk menjadi pendana ALAMI sharia dan nikmati kemudahan proses pembiayaan syariah yang lebih efisien, akurat dan transparan.

ALAMI Sharia juga telah meluncurkan ALAMI Android Mobile App. Klik link ini untuk install ALAMI Mobile App sekarang!

Banner