Situs keuangan boleh mendefinisikan kemerdekaan finansial dari kacamata mereka, tapi apa arti kemerdekaan finansial seorang Muslim? Arti kemerdekaan finansial seorang Muslim yang sesungguhnya adalah ketika kita bisa melaksanakan semua kewajiban dan anjuran agama terkait keuangan kita dan ketika kita bebas menggunakan uang untuk keperluan melaksanakan esensi tujuan kita diciptakan, yaitu beribadah kepada Allah SWT. Menjelang momentum tahun baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriyah, saatnya kita merancang perencanaan untuk melangkah lebih dekat lagi untuk merasakan arti kemerdekaan finansial bagi seorang Muslim. Langkah pertama, dengan menyadari kewajiban dan anjuran apa saja terkait keuangan di dalam Islam yang bisa kita lakukan sepanjang tahun. Kemudian, mari kita perlahan mewujudkan dengan rencana tabungan untuk ibadah. Yuk, simak bahasannya lebih lanjut disini!

Kewajiban dan Anjuran Harta di Dalam Islam

Dalam perputaran satu tahun, ada berbagai momentum dimana kita harus mengeluarkan harta kita pada waktu tertentu, tetapi ada juga yang dapat kita keluarkan sepanjang tahun.

Apa saja harta-harta yang harus kita keluarkan tersebut serta hikmahnya?

Harta yang Dikeluarkan pada Waktu Tertentu

Zakat Fitrah

Kapan? Di bulan Ramadhan. Paling lambat sebelum dilakukan sholat Ied.

  • Zakat Fitrah adalah harta yang dikeluarkan pada bulan Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri.
  • Hukum dari zakat fitrah adalah wajib bagi yang mampu.
  • Jumlahnya setara dengan 3,5 liter makanan pokok yang biasa kita makan (misal, beras di Indonesia).  Sebagian ulama memperbolehkan membayarkan dalam bentuk uang tunai.
  • Hikmahnya membantu masyarakat yang membutuhkan agar bisa merayakan hari raya Idul Fitri dengan berbahagia.

Kurban saat Idul Adha

Kapan? Di bulan Dzulhijjah.

  • Berkurban adalah mengorbankan binatang ternak semacam domba, kambing, sapi, dan unta dalam rangka perayaan Idul Adha.
  • Pemotongan hewan kurban dilakukan pada hari Tasyrik, yaitu 10-13 Dzulhijjah. Kemudian daging-dagingnya dibagikan kepada masyarakat sekitar.
  • Hukum berkurban adalah sunnah muakkad atau sangat ditekankan karena keutamaannya yang besar.
  • Hikmah dari berkurban adalah menumbuhkan rasa kepedulian untuk berbagi kepada masyarakat sekitar. Khususnya, kepada kalangan masyarakat yang sangat jarang merasakan makan daging.
Baca Juga  Mau Punya Rumah dengan Sistem Angsuran Secara Syariah ?

Harta yang Dikeluarkan karena Momen Tertentu

Aqiqah

Kapan? Ketika memiliki bayi yang baru saja lahir. Waktu terbaik berdasarkan hadits adalah hari ke-7 pasca kelahiran. Banyak ulama yang berpendapat mulai dari pasca lahir sampai memasuki usia baligh.

  • Aqiqah adalah pengurbanan hewan dalam syariat Islam sebagai rasa syukur untuk bayi yang dilahirkan. Hukumnya adalah sunnah muakkad atau sangat ditekankan karena keutamaannya yang besar.
  • Hewan yang biasa disembelih untuk akikah adalah kambing dan domba. Hikmah dari aqiqah ini adalah menjalankan perintah Rasulullah sebagaimana hadis berikut:

“Anak-anak itu tergadai (tertahan) dengan aqiqahnya, disembelih hewan untuknya pada hari ketujuh, dicukur kepalanya dan diberi nama.” (HR Ahmad)

Fidyah

Kapan? Ketika harus meninggalkan ibadah (misal, puasa Ramadhan) dan tidak bisa diganti di waktu lain.

  • Fidyah artinya adalah mengganti atau menebus. Yaitu sejumlah harta dalam kadar tertentu yang wajib diberikan kepada orang-orang miskin sebagai ganti suatu ibadah yang ditinggalkan. Seperti puasa Ramadhan yang ditinggalkan oleh orang yang berusia lanjut atau keluarga yang tidak sempat mengganti puasa yang ditinggalkan.
  • Hukum membayar Fidyah adalah wajib untuk suatu ibadah yang ditinggalkan karena hajat tertentu.
  • Fidyah dibayarkan dalam bentuk makanan pokok. Bisa dalam bentuk makanan siap saji atau berupa bahan mentah. Sebagian ulama juga membolehkan dengan membayar berupa uang seharga makanan pokok yang harus dibayarkan.
  • Hikmah dari pembayaran fidyah ini adalah kita selalu ingat terhadap ibadah wajib yang diperintahkan oleh Allah SWT dan pembayarannya untuk memberikan manfaat kepada orang-orang di sekitar kita.
Baca Juga  2 Kewajiban Suami dalam Islam dan Keistimewaannya

Harta yang Dapat Dikeluarkan Sepanjang Tahun

Menabung untuk Beribadah Umroh & Haji

  • Ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang wajib bagi seorang Muslim, namun membutuhkan biaya yang besar. Pastikan selalu menyisihkan setiap bulan dari pendapatan kamu sebagai uang tabungan haji bagi yang belum berangkat.
  • Ibadah umroh merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam kehidupan seorang Muslim. Rasulullah SAW sendiri melakukan ibadah umroh sebanyak empat kali dalam hidupnya. Namun, sama seperti haji, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pastikan kamu menyisihkan uang tabungan untuk melaksanakan umroh bagi yang belum berangkat atau ingin berangkat lagi.

Zakat Maal

  • Zakat Maal adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh orang-orang yang telah memiliki nisab suatu harta simpanan setara dengan nilai 85 gram emas selama 1 tahun.
  • Hukum dari zakat mal adalah fardhu ain atau wajib bagi mereka yang telah memilikinya.
  • Harta yang dikeluarkan dalam zakat mal adalah sebesar 2,5% dari total harta yang disimpan selama 1 tahun. Artinya dari seluruh harta yang kita simpan ada bagian kepemilikan orang lain sebesar 2,5%.
  • Hikmah dari zakat mal adalah bentuk rasa kepedulian kita untuk memberikan bantuan kepada masyarakat di sekitar. Selain itu juga mendorong agar harta yang kita miliki untuk diputar atau tidak hanya disimpan pada kalangan orang mampu saja.
  • Zakat penghasilan juga mempunyai nisab yang sama dengan zakat maal. Jika penghasilan kita per tahun mencapai lebih dari nilai 85 gram emas, maka kita wajib mengeluarkan zakat sebesar 2,5% dari penghasilan kita per bulan.
Baca Juga  Ketika Resesi Datang, Simak 5 Nasihat Qurán Tentang Resesi

Infaq / Sedekah

  • Memberikan rezeki yang kita miliki kepada orang lain dalam rangka membantu kehidupan orang lain dari rezeki yang kita miliki.
  • Infaq / sedekah hukumnya adalah sunnah.

Wakaf

  • Wakaf termasuk sedekah jariyah yang amalannya tidak akan terputus karena memberikan harta untuk kepentingan umat yang akan terus dimanfaatkan. Contohnya seperti wakaf Al-Qur’an, masjid, tanah, dan sekolah, dan barang-barang lainnya.
  • Hukumnya adalah sunnah.
  • Hikmah dari wakaf adalah menimbulkan rasa kepedulian untuk membangun masyarakat muslim yang lebih baik lagi.

Untuk keterangan lebih lengkap tentang masing-masing anjuran terkait harta kita, khususnya zakat, kamu bisa cek ke situs ini.

Rencana Tabungan Untuk Ibadah

Untuk memudahkan kamu mewujudkan arti kemerdekaan finansial bagi seorang Muslim, Mina sudah menyiapkan rencana tabungan bulanan untuk ibadah umroh, haji, dan qurban, yang bisa kamu simpan sebagai panduan. Check it out! Semoga Allah SWT mengabulkan doa kita semua untuk merasakan bebas finansial yang sesungguhnya, ketika kita bisa mempunyai harta yang cukup untuk melaksanakan semua anjuran-Nya tentang harta dan mampu beribadah kepada-Nya sebaik-baiknya.

arti kemerdekaan finansial seorang Muslim

Artikel ini adalah bagian ketiga dari Serial Kebebasan Finansial dari ALAMI untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2020.

Mari jalani langkah lebih dekat lagi menuju kebebasan finansialmu dengan menjadi pendana di ALAMI dan dapatkan imbal jasa menarik untuk mengembangkan uangmu. Platform peer-to-peer financing syariah ALAMI mempertemukan UKM dengan pendana. Teknologi kami menganalisa ratusan data untuk menghasilkan pembiayaan yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. Daftar sekarang untuk menjadi pendana ALAMI dan nikmati kemudahan proses pembiayaan syariah yang lebih efisien, akurat dan transparan.