Dalam banyak hal, mungkin kita sendiri yang harus bergerak menjadi pahlawan kita sendiri. Contoh mudahnya adalah dalam menjadi pahlawan keuangan kita sendiri. Karena seberapa besarnya bantuan yang kita dapat dari orang lain, kalau kita sendiri masih nggak bisa disiplin dalam hal keuangan, kita yang akan bingung dan stuck sendiri. Yuk, saatnya mengambil sikap dan tindakan yang bisa menyelamatkan diri kamu dari keadaan nggak enak!

Cara Jadi Pahlawan Keuanganmu Sendiri #1: Catat Semua Pendapatan dan Pengeluaranmu

Dimas, 28 tahun, bekerja sebagai staff penjualan di sebuah perusahaan oil and gas multinasional. Selain mungkin pendapatannya juga sudah cukup mapan, Dimas punya satu kebiasaan yang selalu ditekuninya. Sejak memiliki pendapatan, ia selalu mencatat semua pendapatan dan pengeluarannya. Hal ini diajarkan oleh ibunya sendiri. Hasil dari kebiasaannya ini adalah ia berhasil memiliki sebuah rumah kecil di kawasan Jakarta Selatan untuk ditempati bersama dengan istrinya.

Kebiasaan mencatat pendapatan dan pengeluaran ini juga menjadi andalan dari jurnalis Jepang, Fumiko Chiba, yang kemudian terkenal dengan sebutan kakeibo, seni menabung a la Jepang. Fumiko mengungkapkan bahwa rahasia kebiasaan ini akan mendorong kita untuk menyadari betapa banyaknya yang kita miliki dan berapa banyaknya yang sudah kita boroskan, sehingga kita pun bisa terus memperbaiki pengaturan keuangan kita setiap hari untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

Cara Jadi Pahlawan Keuanganmu Sendiri #2: Siapkan Perlindungan Yang Memadai

Cari tahu hal apa saja yang bisa buat keuanganmu goyah, estimasi kerugian yang harus kamu hadapi, dan bagaimana cara melindungi keuanganmu dari hal itu di masa depan. Misalnya, tahun lalu kamu tahu bahwa ketika kamu sakit parah tiba-tiba, kamu harus tiba-tiba mengeluarkan lebih dari Rp5 juta untuk berbagai biaya rumah sakit, mulai dari biaya test yang harus kamu ambil, biaya menginap semalam, biaya konsultasi dokter, dan beli obat-obatan untuk perawatan berjalan.

Tiga tahun sebelumnya, kamu ingat bahwa kamu tiba-tiba harus melakukan berbagai perbaikan untuk kendaraan kamu akibat kecelakaan mobil tunggal sebesar lebih dari Rp 3 juta.  

Nah, kedepannya, kamu bisa atur ambil asuransi kesehatan (syariah ya tentunya!) yang preminya bisa kamu cicil bulanan. Atau, kamu bisa siapkan rekening bank khusus untuk menampung dana darurat yang kamu targetkan untuk diisi setidaknya Rp1 juta sebulan.

Cara Jadi Pahlawan Keuanganmu Sendiri #3: Rencanakan Pendapatan Sampingan

Ada riset yang mengatakan bahwa miliarder dunia biasanya mempunyai setidaknya 7 sumber penghasilan yang mereka garap dengan optimal. Nah, kalau kamu saat ini hanya mempunyai satu sumber penghasilan, yaitu dari pekerjaan kamu sebagai seorang karyawan swasta di sebuah perusahaan misalnya, sebaiknya mulai pikirkan 2-3 sumber pendapatan sampingan lainnya yang bisa kamu lakukan sembari melakukan pekerjaan utama kamu dan tidak melanggar peraturan.

Baca Juga  Mengenal Jenis Risiko Pembiayaan P2P dan Mitigasinya

Misalnya, kamu punya toko online yang menjual barang-barang seperti kosmetik, buku, peralatan bayi, atau apapun itu, punya aset (misalnya rumah kontrakan) yang kamu sewakan, dan kamu juga mengambil pekerjaan freelance/kontrak yang bisa kamu lakukan paruh waktu untuk mengisi akhir pekan/hari libur kamu.

Nah, dalam contoh di atas, kamu sudah punya 3 sumber pendapatan sampingan selain pekerjaan utama kamu di kantor. Yuk, coba pikirkan pekerjaan sampingan apa saja yang bisa kasih kamu pendapatan yang dapat diandalkan setiap bulannya?

Cara Jadi Pahlawan Keuanganmu Sendiri #4: Berpuasa

Rajin berpuasa memberikan berbagai manfaat. Selain membuat kamu lebih hemat jajan, menambah ketakwaan kamu, rajin berpuasa juga memberikan manfaat khusus buat pengaturan keuangan kamu, yaitu memberikan kamu kemampuan untuk menahan diri dari keinginan-keinginan material, dan yang pastinya kemampuan untuk bisa delayed gratification. Delayed gratification artinya menunda gratifikasi secara instan demi kepuasan yang lebih besar di masa depan, dan kemampuan ini ternyata sangat terkait dengan kemampuan untuk bisa mendapatkan kesuksesan, termasuk dalam hal keuangan tentunya.

Dalam sebuah eksperimen psikologis yang terkenal, the marshmallow test, yang dilakukan seorang peneliti dari Universitas Stanford, Walter Mischel, dilakukan pengetesan terhadap anak-anak dengan memberikan dua pilihan: dia boleh memakan permen marshmallow satu buah saat itu juga, atau dia menunggu beberapa saat dan akan diberikan dua buah sekaligus. Ia kemudian mendata semua yang bersedia menunggu dengan baik, dan menemukan bahwa 40 tahun kemudian, semua anak-anak yang bersedia menunggu mendapatkan semua kriteria kesuksesan yang diukur: pencapaian akademis yang lebih baik, kemampuan mengatasi stress dengan lebih baik, kemampuan berinteraksi secara sosial dengan baik, dan sebagainya.

Kemampuan untuk menahan diri ini sangat bagus untuk mendukung diri kita mengambil sikap atau tindakan yang terukur, sesuai dengan tujuan yang ingin kita capai di masa depan. Nah, sama seperti urusan keuangan kita, kemampuan menahan diri ini pun sangat relevan untuk membantu kita mewujudkan tujuan keuangan yang ingin kita capai di masa depan.

Cara Jadi Pahlawan Keuanganmu Sendiri #5: Garap Perasaan Joy of Missing Out  

Kuat itu bukan mereka yang bisa mengalahkan lawan, tapi kuat adalah ketika kamu bisa mengalahkan keinginan belanja besar-besaran seperti orang lain ketika momen diskon tiba, misalnya ketika promo 11/11. Kurang lebih itulah motto orang-orang yang berhasil garap perasaan JOMO atau joy of missing out.

Apa itu sebenarnya JOMO? Joy of missing out adalah suatu keadaan di mana kamu merasa seperti senang atau bahagia kalau bisa nggak ikut-ikutan segala sesuatu yang sedang trending di luar sana. Seperti misalnya banyak teman-teman kamu yang gila sneakers, make-up, atau apapun, dan kamu merasa tenang dan bahagia bisa disiplin beli barang-barang yang memang kamu butuhkan. Atau, jika kamu menginginkannya pun, kamu bisa menahan disiplin dengan membeli seperlunya saja tanpa biaya yang break your bank. Your bank account will thank you later!

Cara Jadi Pahlawan Keuanganmu Sendiri #6: Tulis Semua Utang-utang Kamu (dan Utang Orang Sama Kamu)

Selain hal ini memang disarankan oleh Al-Quran, kamu juga bisa mendapatkan ketenangan sendiri dari melakukan hal ini. Dengan menulis utang-utang kamu dan rencana yang kamu punya untuk membayarnya, kamu pun secara alam bawah sadar lebih tenang bahwa tidak ada biaya-biaya tak terduga yang harus kamu tanggung, karena semuanya sudah kamu tuliskan.

Baca Juga  5 Alasan P2P Lending Pilihan Tepat Investasi Untuk Pemula

Selain itu, utang orang ke kamu juga bisa kamu tuliskan. Misalnya kamu butuh uang kamu suatu ketika, kamu pun bisa mencoba menagihnya lagi sehingga kamu tidak perlu pusing. “Inget nggak, 3 bulan lalu elo pinjam uang gue Rp 350.000? Nah, udah bisa balikin belum? Gue butuh nih sekarang…”

Cara Jadi Pahlawan Keuanganmu Sendiri #7: Cari Pekerjaan Yang Berkah

Sebisa mungkin, hindari mengambil pekerjaan yang bersinggungan dengan apa-apa yang sudah dilarang Allah, misalnya dari industri minuman keras, perbankan ribawi, dan sebagainya. Hasil uang yang kamu terima dari pekerjaan soalnya akan menjadi makanan dan minuman yang kamu konsumsi dan hasilnya akan mandarah daging di diri kamu atau mungkin keturunan kamu juga. Sementara, kita nggak tahu separah apa efek dari konsumsi uang yang asal-muasalnya mungkin belum begitu pas sama syariat Islam. Ini untuk menjaga unsur kehati-hatian kita saja.

Cara Jadi Pahlawan Keuanganmu Sendiri #8: Buka Mata dan Pikiran Selalu Untuk Melihat Peluang

Kemampuan melihat peluang adalah suatu hal yang bisa kamu pelajari dan kamu latih. Sederhananya, biasakan memperhatikan apa yang bisa kamu lihat, memperhatikan apa yang bisa kamu dengar.

Dengan mata dan telinga, kamu bisa menganalisa banyak informasi. Hal apa saja yang lagi trending, bisa memberi kamu ide barang apa yang bisa kamu jual untuk bisnis sampingan toko online kamu.

Baca Juga  5 Langkah Memulai Perjalanan Hijrah Finansialmu

Dengan pikiran yang terbuka, kamu bisa mencari tahu instrumen investasi apa saja yang sedang memberikan hasil yang bagus dan bisa kamu manfaatkan di momen ini. Membuka mata, telinga, dan pikiran kamu untuk belajar membaca peluang bisa membuat kamu jadi pahlawan banget buat kehidupan keuanganmu.

Cara Jadi Pahlawan Keuanganmu Sendiri #9: Jangan Pernah Lupa Zakat

Sudah pernah baca artikel Love & Money di ALAMI tentang suami Aisyah (bukan nama sebenarnya) yang nggak paham tentang pentingnya bayar zakat dari penghasilan bisnisnya? Alhasil setelah beberapa tahun yang sukses besar, bisnis suami Aisyah ini pelan-pelan mengalami ujian yang bertubi-tubi dan sempat bikin bingung total.

Nah, untuk semua pekerjaan dan bisnis sampingan kamu, jangan pernah lupa untuk dibayarkan zakatnya ya, baik setiap bulan maupun zakat tahunan. Selain menyucikan harta, yang pasti membayar zakat juga akan menjaga harta kamu supaya terus berkembang dengan baik.

Cara Jadi Pahlawan Keuanganmu Sendiri #10: Pelihara Kebiasaan Bersedekah

Mungkin semua ustadz yang kamu pernah dengar hampir semuanya sudah membicarakan faedahnya melakukan sedekah. Nah, untuk jadi pahlawan kehidupan keuanganmu, pastikan kamu selalu memelihara kebiasaan bersedekah ini, ya!

Orang-orang soleh, baik dari kalangan kaum zaman dulu maupun di zaman modern ini, selalu memelihara kebiasaan bersedekah ini setiap hari.

Well, walaupun mungkin kita belum bisa mengikutinya dengan sempurna, setidaknya usahakan kita punya kebiasaan rutin bersedekah setiap bulan atau setiap minggu.

Kalau memungkinkan, kamu bisa juga mencoba melakukan kebiasaan sedekah ini setiap hari, apalagi sekarang teknologi untuk melakukan amal pun sudah lebih banyak tersedia. Rutinkan dan rasakan perbedaannya, ya!

Sumber foto:

Unsplash.com by Taisiia Shestopal

Mau jadi pahlawan keuangan untuk dirimu sendiri? Yuk, lakukan hijrah finansial melalui pendanaan untuk UKM dengan prinsip syariah dan didukung proses yang nyaman, aman, dan efisien dengan teknologi. Platform peer-to-peer financing syariah ALAMI mempertemukan UKM dengan pemberi pendana. Teknologi kami menganalisa ratusan data untuk menghasilkan pembiayaan yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. Daftar sekarang untuk menjadi pendana ALAMI dan nikmati kemudahan proses pembiayaan syariah yang lebih efisien, akurat dan transparan.

ALAMI juga telah meluncurkan ALAMI Android Mobile App. Klik link ini untuk install ALAMI Mobile App sekarang!