Bulan Ramadan adalah bulan penuh pahala. Setiap amalan di bulan Ramadan pasti akan dilipatgandakan 10 kali lipat pahalanya oleh Allah SWT. Setiap muslim berlomba-lomba mendapatkan kebaikan dan keberkahan di bulan yang agung ini. Salah satu amalan yang sering dilakukan pada bulan Ramadan adalah tadarus Al-Qur’an. Bulan Ramadan disebut juga bulannya Al-Qur’an, bulan di mana diturunkannya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril pada 17 Ramadan. Membacanya di bulan Ramadan akan mendapatkan kebaikan berlipatganda.

Seperti yang dikatakan dalam sabda Rasulullah SAW melalui hadisnya yang diriwayatkan oleh Muslim.

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ 

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipat gandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Muslim)

Baca Juga  Serial Hijrah Finansial: Berhasil Dapatkan Pekerjaan Bebas Riba

Mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadan adalah satu cita-cita yang ingin dipenuhi oleh setiap muslimnya setiap tahun. Al-Qur’a n yang berisi 30 juz dibaca setiap 1 juz per malamnya. Sehingga 30 juz tersebut bisa diselesaikan atau dikhatamkan dalam waktu 30 hari. Tapi, untuk sebagian orang menghabiskan 1 juz per malam dinilai masih terasa sulit. 

Untuk itu, kamu nggak perlu khawatir tidak bisa mengkhatamkannya selama bulan Ramadan. Ada cara tertentu agar kamu tetap bisa mengkhatamkannya selama bulan Ramadan tanpa perlu membaca 1 juz sekaligus setiap malam. 

Cara Cepat Khatam Al-Qur’an Selama Ramadan

  1. Baca di usai shalat 5 waktu

Kamu bisa membacanya setiap usai shalat 5 waktu. Biasanya dalam 1 juz terdiri dari 20 hingga 22 halaman. Kamu bisa mencicil membaca 4 atau 5 halaman usai shalat 5 waktu. Membaca 4 sampai 5 halaman kurang lebih hanya membutuhkan waktu 5-10 menit. Sehingga satu hari kamu bisa menyelesaikan 1 juz dalam waktu satu hari. Jika dilakukan konsisten setiap hari selama Ramadan, maka kamu akan mengkhatamkan sebanyak 30 juz di bulan Ramadan ini.

  1. Membaca Al-Qur’an versi Digital Kapan Saja Di Mana Saja

Saat ini teknologi sudah berkembang mengikuti zaman. Al-Qur’an sudah ada dalam bentuk digitalnya yang terinstall di gadget yang kamu miliki. Dengan versi digital ini seharusnya bisa memudahkan kamu untuk terus membacanya setiap saat sesuai dengan adab yang ditentukan. Misalnya di kala kamu sedang mengantre, atau naik kendaraan umum di MRT, kereta atau bus, kamu bisa meluangkan waktu membaca Al-Qur’an versi digital melalui gadget kamu. 

Baca Juga  Jadikan Benchmark Fintech P2P Syariah, Pemerintah Turki Undang ALAMI

Nah, di ALAMI Mobile App pun tersedia aplikasi Al-Qur’an digital. Kamu bisa mengaksesnya di ALAMI Mobile App untuk android maupun untuk iOS. Tersedianya Al-Qur’an digital ini memudahkan kamu untuk membacanya  di mana saja dan kapan saja. 

Kamu cukup membuka ALAMI Mobile App di handphone atau gadget kamu, pilih menu Islami kemudian pilih menu Qur’an  kemudian klik tombol ‘baca Al-Qur’an’. Di sana sudah tersedia Al-Qur’an digital beserta terjemahannya dari Kementerian Agama RI.

 

  1. Tadarus Bersama

Segala sesuatu jika dikerjakan bersama-sama meski berat akan terasa ringan. Begitu pun dalam mengamalkan khatam Al-Qur’an. Kamu bisa mengajak teman-temanmu, saudara yang punya keinginan sama untuk mengkhatamkannya di bulan Ramadan ini. Melibatkan teman akan mempercepat langkah untuk khatam. Minta mereka untuk mengingatkan janji dan tujuan khatam Al-Quran.

  1. Niatkan dari Awal untuk Mengkhatamkan Al-Qur’an

Niatkan dari awal untuk mengkhatamkan selama Ramadan. Niat ini akan memacu kamu untuk membaca dan menyelesaikannya tepat waktu. Yakinlah bahwa kamu bisa khatam Al Quran selama Ramadan. Pastikan juga untuk selalu memperbaharui niat. Sebab, niat bisa saja pudar, bahkan hilang sama sekali sehingga seseorang menjadi malas untuk memulainya lagi.

  1. Tetap Konsisten

Selain niat, kamu juga harus konsisten atau istikamah terhadap cita-cita mengkhatamkan Al Qur’an di bulan Ramadan ini. Banyak orang begitu semangat membaca Al-Qur’an dan menunaikan ibadah lain di awal puasa. Saat tiba akhir puasa, tidak sedikit orang yang semangatnya berkurang. Kuncinya keberhasilan adalah konsistensi. 

Baca Juga  Bicara Masa Depan Ekonomi Syariah di ALAMI Fest Bareng Ekonom Senior Aviliani

Manfaatkan Al-Qur’an Digital di ALAMI App Mobile

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya di atas, ALAMI Mobile App memiliki fitur Al-Qur’an digital yang bisa memudahkanmu membaca Al-Qur’an di mana saja, kapan saja, tentunya dilakukan dengan adab membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Fitur Qur’an digital di ALAMI App Mobile lebih mudah dengan pembagian per Juz.

Fitur Qur’an Digital di ALAMI Mobile App Lebih Mudah dengan pembagian per juz.

Selain Al-Qur’an digital ada pula fitur-fitur islami lainnya seperti, jadwal shalat, dan arah kiblat, yang bisa memudahkan kamu mengetahui kemana arah kiblat ketika kamu sedang berada di luar. 

Jika kamu di bulan Ramadan ini ingin mengembangkan keuanganmu lebih baik lagi, ayo mulai dari sekarang untuk hijrah finansial bersama ALAMI. Karena di ALAMI kamu bisa mengembangkan keuangan dan meraih pengalaman passive income melalui pendanaan syariah yang berizin dan diawasi oleh OJK, dengan TKB90 100%!

Bagi kamu yang belum mendownload ALAMI Mobile App, ayo download sekarang juga. Sekarang ALAMI Mobile App sudah hadir di  Play Store dan App Store. Install dan daftar sekarang menjadi Pendana ALAMI. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik link ini!

Tagged in:

, , ,