Catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut.

Laporan Keuangan

Hal yang paling terpenting jika sedang menjalankan suatu bisnis adalah memiliki laporan keuangan. Hal ini dikarenakan laporan keuangan memiliki sifat yang mampu menunjukkan kondisi finansial dari suatu usaha dalam periode waktu tertentu.

Selain itu, juga terdapat beberapa pihak yang sering menggunakan laporan keuangan seperti pemilik perusahaan, manajemen, kreditur, investor, bahkan pemerintah serta masyarakat umum.

Definisi

menurut Standar Akuntansi Keuangan (SAK):

Bagian dari proses pelaporan keuangan yang lengkap, biasanya meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan dalam berbagai cara, misalnya laporan arus kas dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral arus laporan keuangan.

Disamping itu juga termasuk skedul dan informasi tambahan yang berkaitan dengan laporan tersebut, misal: informasi keuangan segmen industri dan geografis serta pengungkapan pengaruh perubahan harga.

Secara sederhana, laporan keuangan merupakan catatan yang berisi informasi tentang keuangan suatu perusahaan pada periode tertentu, dan digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan selama periode tertentu.

Perlu diketahui bahwa laporan keuangan adalah hasil proses akuntansi seperti proses pengidentifikasian, pengukuran dan melaporkan informasi ekonomi untuk membuat pertimbangan dan mengambil keputusan yang tepat bagi pemakai informasi tersebut.

Empat Karakteristik Laporan Keuangan

Terdapat empat karakteristik kualitatif, yang memuat informasi berguna bagi pemakainya:

1. Dapat Dipahami

Yang dimaksud dengan dapat dipahami adalah, informasi yang disajikan dapat dipahami oleh penggunanya, baik itu dari bentuk maupun istilah yang digunakan.

2. Relevan

Sebuah laporan dianggap relevan jika informasi yang disajikan di dalamnya dapat mempengaruhi keputusan pengguna

3. Keandalan

Keandalan yang dimaksud disini adalah, informasi dalam sebuah laporan bebas dari informasi  yang salah serta menyesatkan

4. Dapat dibandingkan

Informasi yang disajikan dalam sebuah laporan, akan lebih berguna jika dapat dibandingkan dengan laporan keuangan pada periode sebelumnya.

Tujuan Laporan Keuangan

Standar Akuntansi Keuangan menjelaskan bahwa tujuan laporan keuangan antara lain:

  1. Menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.
  2. Laporan keuangan disusun memenuhi kebutuhan bersama oleh sebagian besar pemakainya yang secara umum menggambarkan pengaruh keuangan dari kejadian masa lalu.
  3. Laporan keuangan yang menunjukkan apa yang dilakukan manajemen atau pertanggungjawaban manajemen atas, sumber daya yang dipercayakan kepadanya.

Jenis-Jenis Laporan Keuangan

Pada dasarnya terdapat empat jenis laporan keuangan yang sering digunakan dalam perusahaan yang dibuat dan harus sesuai standar akuntansi di Indonesia, diantaranya:

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah laporan yang disusun sistematis, isinya penghasilan yang diperoleh perusahaan dikurangi dengan beban-beban yang terjadi dalam perusahaan selama periode tertentu. Dalam laporan laba rugi menjabarkan elemen-elemen penghasilan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba (atau rugi). Untuk perusahaan jasa istilah penghasilan dalam laporan laba rugi adalah pendapatan, sedangkan untuk perusahaan dagang dan manufaktur istilah penghasilan dalam laporan keuangan adalah penjualan.

Sumber penghasilan suatu perusahaan dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu, dari usaha pokok utama dan kegiatan luar usaha pokok. Beban suatu perusahaan juga dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu, beban yang mempunyai hubungan langsung dengan kegiatan usaha pokok/utama dan beban-beban yang tidaka ada hubungannya dengan kegiatan usaha pokok/utama. Tak hanya itu saja, laporan laba rugi juga terdiri dari dua bentuk yaitu bentuk single step dan  multiple step.

Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal adalah laporan yang berisi seberapa banyak modal awal telah bertambah ataupun berkurang selama periode tertentu. Perubahan modal itu terjadi dapat karena adanya laba atau rugi usaha, pengambilan pribadi dari pemilik atau prive, maupun penambahan modal pemilik.

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas berisi kas dan setara kas yang masuk dan keluar perusahaan pada periode tertentu. Yang disebut kas adalah uang tunai, sedangkan setara kas merupakan investasi yang sifatnya sangat likuid, berjangka pendek dan dengan cepat dapat dijadikan kas. Laporan arus kas harus melaporkan arus kas selama periode tertentu dan diklasifikasi menurut aktivitas operasi, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan.

Neraca

Neraca adalah laporan keuangan yang menggambarkan posisi keuangan dari suatu perusahaan yang meliputi aktiva, kewajiban dan ekuitas pada periode tertentu. Neraca menunjukkan seberapa besar kekayaan perusahaan. Neraca mempunyai dua bentuk yaitu bentuk staffel dan scontro.

Neraca staffel adalah bentuk laporan keuangan yang disusun berurutan dari atas ke bawah. Secara urut, kelompok harta (aktiva) paling atas, hingga kelompok utang dan modal paling bawah.

Sementara neraca scontro adalah bentuk laporan keuangan yang menyajikan rekening dalam dua sisi, yaitu kelompok harta (aktiva) d sebelah kiri dan utang serta modal (pasiva) di sebelah kanan.

Sumber:

Sujarweni, V.W. 2016. Pengantar Akuntansi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

https://id.wikipedia.org/wiki/Laporan_keuangan

Yuk, lakukan hijrah finansial melalui pendanaan untuk UKM dengan prinsip syariah dan didukung proses yang nyaman, aman, dan efisien dengan teknologi. Platform peer-to-peer financing syariah ALAMI mempertemukan UKM dengan pemberi pendana. Teknologi kami menganalisa ratusan data untuk menghasilkan pembiayaan yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. Daftar sekarang untuk menjadi pendana ALAMI dan nikmati kemudahan proses pembiayaan syariah yang lebih efisien, akurat dan transparan.

ALAMI juga telah meluncurkan ALAMI Android Mobile App. Klik link ini untuk install ALAMI Mobile App sekarang!