Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin atau rahmat bagi semesta alam memiliki nilai-nilai universal yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Nilai-nilai Islam atau yang lebih dikenal dengan nilai-nilai syariah memiliki kebaikan yang sangat luas dan berdampak pada semua aspek kehidupan. Mulai dari pribadi dan keluarga seperti bagaimana hubungan antara sesama manusia hingga urusan negara, hingga urusan negara seperti berjalannya sistem perekonomian bisa dijalankan dengan solusi syariah yang kemudian melahirkan sistem ekonomi syariah.

Contoh sederhana yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari misalnya memberi salam, membantu sesama, dan tersenyum kepada orang-orang, baik yang kita kenal maupun tidak kita kenal. Semua itu mengandung kebaikan nilai-nilai syariah yang pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Oleh karena itu, nilai-nilai kebaikan syariah ini bisa digunakan oleh siapa saja, tak hanya terbatas untuk seorang muslim saja.

Melihat nilai-nilai kebaikan syariah yang sangat universal dan bisa diterapkan di mana saja, serta oleh siapa saja, maka perlu disebarkan lagi bagaimana bentuk nilai kebaikan tersebut. Dengan momentum yang baik juga, di bulan suci Ramadhan ini, ALAMI menggelar ALAMI Fest 202 yang mengusung tema The Goodness of Sharia Values, yang akan digelar dalam dua hari pada 16-17 April 2021. 

ALAMI Fest 2021 terdiri dari 8 sesi webinar selama dua hari. Pembahasannya sangat beragam, mulai dari outlook ekonomi syariah di 2021, peran penting nilai syariah dalam pemberdayaan perempuan hingga bagaimana menerapkan nilai-nilai syariah dalam dunia parenting. 

Dibuka dengan Sesi Kebangkitan Ekonomi Syariah

Sesi ini menjadi sangat penting dan menjadi pembuka di antara sesi-sesi lainnya di antara webinar ALAMI Fest 2021. Sebab, mengamati perkembangan ekonomi syariah dan khususnya keuangan syariah, kamu bisa melihat bahwa tengah terjadi perkembangan yang pesat di dunia ekonomi syariah. Selain itu ekonomi syariah ini lebih tahan atau resilient di saat pandemi dibandingkan sistem ekonomi konvensional. Maka dari itu ALAMI Fest ingin menampilkan bagaimana nantinya ekonomi syariah mampu menopang ketahanan ekonomi nasional. Apalagi bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis UMKM, ekonomi syariah dipercaya mampu menolong untuk membangkitkan bisnis lebih pesat lagi.

Baca Juga  Prinsip Hubungan Kerja Dalam Islam: Ini 3 Hal Paling Penting

Dalam sesi pertama ini yang akan menjadi narasumbernya adalah Dr. Aviliani, SE, MSi, seorang ekonom, Komisaris The Institute for Development of Economics and Finance (INDEF). Beliau akan membawakan sesi bertajuk Sharia Economy Outlook 2021: The Rise of a Sleeping Giant. Beliau akan menjelaskan bagaimana prospek ekonomi syariah di Indonesia di masa depan.

Membahas Topik yang Banyak Dibutuhkan di Masyarakat

Selain membahas bagaimana prospek perjalanan ekonomi syariah di Indonesia, di ALAMI Fest 2021 juga kamu akan mendapatkan berbagai pembahasan tentang berbagai topik yang dibutuhkan di masyarakat, dipadukan dengan pembahasan bagaimana kebaikan nilai-nilai syariah bisa hadir menjadi solusinya. Misalnya bagaimana menerapkan kebaikan nilai-nilai syariah di dalam kepemimpinan, pemberdayaan perempuan hingga kesehatan dan parenting dengan nilai syariah. 

Untuk lebih lengkapnya berikut topik pembahasan yang akan disampaikan di acara di ALAMI Fest 2021 nanti:

16 April 2021

Youth Investment for Nation, Delivering Positive Impact of Youth Investment for Nation

Sesi ini akan dibawakan oleh Pandu Sjahrir, Komisaris Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Jason Gozali, Founder Investor Muda, yang akan membahas peran anak muda bisa ikut memajukan perekonomian bangsa dengan berinvestasi dari sekarang. Selain itu, di sesi ini nantinya akan dibahas juga bagaimana memulai investasi bagi kalangan anak muda.

From Nothing to Inspiring, From Zero to Hero Who Brings Positive Impact to Others

Baca Juga  Perbedaan Zakat, Infak dan Sedekah yang Wajib Kamu Ketahui

Nah, di sesi topik ini kamu akan mendengarkan kisah inspiratif dari Atlet Paralimpik Cabang Bersepeda Muhammad Fadli Imammudin. Meski memiliki memiliki kekurangan fisik tapi Fadli mampu membuktikan ia bisa menjadi pahlawan bagi negara dan bahkan memberikan inspirasi bagi orang banyak. Di ajang Asian Paragames 2018 lalu ia menyumbangkan sejumlah medali yakni 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Impact-Driven Sustainable Fashion & Beauty Movement, Developing and Growing Lifestyle and Fashion Business in the Sustainable Way

Bagi kamu yang senang mengikuti tren dan mode fashion terkini, sesi ini sangat cocok untuk kamu. Sebab, tak hanya bagaimana fashion kekinian yang sesuai dengan nilai-nilai syariah bisa bertahan dan menjadi trend, tapi bagaimana juga kamu bisa ikut mengembangkan bisnis di bidang ini.

Sesi ini akan dibawakan narasumber yang memang sudah berkecimpung lama di dunia fashion, yakni seorang Fashion Designer and Business Woman Ria Miranda dan Founder & CEO OMAQ, Guzelya Marisova. OMAQ sendiri merupakan produk fashion untuk bayi yang memiliki motif unik serta fashionable.

ALAMI Fest 2021 Hari Pertama

17 April

Tech Movement in Defining Competition, Advance Strategy of Business Competition or Business Challenge

Nilai-nilai syariah juga ikut berkembang sesuai dengan zaman. Justru dengan teknologi kebaikan nilai-nilai syariah ini bisa tersebar lebih luas lagi. Di sesi ini akan dibawakan oleh Founder & CEO ALAMI Dima Djani. Beliau akan menjelaskan bagaimana perusahaan teknologi di Indonesia bisa membangun keunggulan kompetitif dalam memenangkan persaingan.

Influence Culture & Women Empowerment, Growing the Culture and Empowering Good Influence

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kebaikan nilai-nilai syariah juga berpihak pada pemberdayaan perempuan juga lho! Di sesi ini kamu juga bakal mendengarkan cerita dari youtuber dan influencer Felicia Putri Tjiasaka yang penuh inspirasi untuk yang mempunyai aspirasi agar perempuan bisa berdaya dan memberdayakan orang lain. 

Baca Juga  Sebarkan Nilai Kebaikan Syariah Di Momen Ramadhan Bersama ALAMI Fest 2021

Health and Parenting 99 

Kebaikan dari nilai-nilai syariah sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Bagaimana orang tua membesarkan anaknya seperti yang dilakukan oleh Rasulullah. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu yang baru saja memiliki momongan, dan ingin membesarkan anak dengan kebaikan nilai syariah secara tepat. Di sesi ini akan dibawakan oleh dua narasumber yang berlatar belakang sebagai psikolog anak dan dokter spesialis anak yakni ahli gastro hepatology, Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K) juga psikolog anak dari @talkparenting Dr. Farah Aulia, S.Psi, M.Psi.

Reaching an Ultimate Leadership, Be a Great Leader in Business Base on Good Sharia Value

Yang terakhir tapi tak kalah pentingnya juga adalah soal bagaimana kebaikan nilai-nilai syariah dalam kepemimpinan. Khususnya bagaimana menggerakkan dan memimpin sebuah bisnis dengan kebaikan nilai-nilai syariah. Sesi ini akan dibawa oleh dua orang narasumber, yakni CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin dan Praktisi yang juga Wakil Ketua Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Adiwarman Karim.

ALAMI Fest 2021 hari kedua

Bagaimana menarik bukan? Untuk kamu yang sudah penasaran mengikuti topik seru di atas bersama dengan narasumber inspiratif, yuk tunggu apa lagi segera daftar jadi peserta webinar ALAMI Fest 2021 pada 16-17 April 2021 mendatang. Jangan sampai ketinggalan! Gratis lho!

Untuk mendaftar kamu bisa klik link bit.ly/ALAMIFEST2021. Ikut webinar bersama ALAMI ini, kamu bakal mendapatkan ilmu dan pengalaman bagaimana peran kebaikan nilai-nilai syariah bisa bekerja di dalam segala lini kehidupan.