Peer to peer atau P2P Lending adalah salah satu instrumen investasi yang saat ini sedang berkembang. P2P Lending hadir dalam bentuk platform teknologi finansial yang mempertemukan orang yang ingin mendanai dan orang yang ingin mengajukan pendanaan. Biasanya, penerima pendanaan adalah pihak yang sedang bergelut di bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Banyaknya platform yang tersedia tentu membuat kamu harus bisa memilih mana P2P Lending terbaik.

Oleh karena itu sangat penting bagi kamu untuk memulai investasi atau mengembangkan keuangan di P2P Lending terbaik. Ada beberapa manfaat dan keuntungan yang akan kamu terima jika uangmu dikembangkan di P2P Lending terbaik. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan manfaat mengembangkan keuangan di P2P Lending terbaik. 

Manfaat dan Keuntungan P2P Lending Terbaik

1. Return yang Relatif Tinggi

Kamu bisa dapat return atau imbal jasa hingga  14% per tahun di P2P Lending terbaik. Hasil ini jauh di atas return tabungan dan deposito. Hal ini dikarenakan uangmu yang disimpan di P2P Lending digunakan untuk pendanaan UMKM. Hasil keuntungan yang didapat dari UMKM ini bisa menjadi return yang akan kamu terima pada saat jatuh tempo pengembalian pendanaan. 

Hal yang sama pun ada di ALAMI sebagai platform P2P Lending Syariah yang menerapkan akad wakalah bil ujrah. Di dalam akad wakalah bil ujrah ALAMI menengahi antara funder dan beneficiary atau penerima pendanaan. ALAMI menawarkan kepada funder untuk menerima invoice atau tagihan piutang yang dimiliki beneficiary kepada payor atau pemberi kerja. 

Baca Juga  Dengan Keuangan Syariah Mampu Persempit Ketimpangan Ekonomi

Jika funder setuju maka ALAMI sebagai pihak yang menerima kuasa akan bertugas mengumpulkan tagihan beneficiary kepada payor. Kemudian funder akan mendapatkan ujrah atau imbal jasanya atas penagihan invoice. Di ALAMI sendiri ujrah yang akan diterima oleh para funder yang telah menanamkan uangnya, rata-rata sebesar 15% per tahun. 

2. Pendanaan yang Berkualitas

Keuntungan P2P Lending terbaik adalah akses terhadap peminjam yang sudah dianalisa dan ditetapkan tingkat resikonya. Sebagai funder, kamu mungkin tidak memiliki waktu atau keahlian untuk menganalisis pendanaan yang kamu lakukan. Namun, dengan platform P2P Lending terbaik semua itu bisa dilakukan dengan baik.

Platform P2P Lending terbaik memiliki teknologi yang dapat membantu dalam menyediakan informasi terkait kelayakan pendanaan kepada beneficiary atau penerima pendanaan, dan menentukan tingkat risiko pendanaan.

Jadi, ketika pendanaan ditawarkan ke para funder, ada kepastian yang didapatkan yakni pendanaan layak diberikan kepada UMKM dan mampu mengembalikannya sesuai dengan waktu jatuh tempo yang sudah ditentukan. Kemudian P2P Lending terbaik mampu menentukan berapa tingkat risiko dan berapa return yang layak untuk mengkompensasi tingkat risiko tersebut.

3. Diversifikasi

Manfaat dan keuntungan yang ketiga adalah diversifikasi investasi. Diversifikasi ini penting karena jika satu investasi kurang baik, masih ada investasi lain yang bisa menutupi. Diversifikasi adalah cara yang cukup ampuh untuk menurunkan risiko di pendanaan P2P Lending.  Dengan diversifikasi ini para funder bisa mengembangkan dananya untuk beberapa campaign pendanaan.  Dengan cara seperti itu, akan memberikan risiko yang minim. 

Baca Juga  Jangan Salah Pilih! Ini 5 Perbedaan P2P Lending Syariah dengan Konvensional

Mitigasi Risiko di P2P Lending Terbaik

Namun di samping keuntungan dan manfaat dari P2P Lending, kamu juga harus memperhatikan risiko yang akan timbul di masa akan datang. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih P2P Lending terbaik. 

Di platform P2P Lending terbaik biasanya sudah menyiapkan mitigasi risiko apabila terjadi hal-hal yang di luar perencanaan. P2P Lending terbaik sudah terdaftar dan diawasi penuh oleh Otoritas Jasa Keuangan. Selain itu jajaran manajemennya memiliki pengalaman yang cukup dalam industri keuangan, dan sudah lama dalam mengelola pendanaan.

Selain itu, di dalam platformnyaselalu menyajikan statistik yang bisa dianalisa jumlah pendanaan yang telah disalurkan, dan tingkat keberhasilan bayarnya selalu ada di angka 100%.

Semua hal tersebut pun sudah dilakukan oleh ALAMI sebagai P2P Lending terbaik dengan basis syariah. Untuk lebih lengkapnya bagaimana ALAMI melakukan mitigasi risiko, kamu bisa membaca artikel yang berjudul “Ini 7 Cara ALAMI Lakukan Mitigasi Risiko Pembiayaan

ALAMI sebagai platform P2P Lending terbaik yang berbasis syariah dengan akad wakalah bil ujrah memberikanmu imbal hasil setara 14% per tahun. Dengan mitigasi risiko yang jelas yang telah disebutkan diatas, ALAMI memiliki teknologi untuk menganalisis ratusan data untuk menghasilkan pendanaan yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. ALAMI dapat diakses melalui mobile apps yang bisa didownload melalui Play Store dan App Store.

Baca Juga  Simak Testimoni Tiar, Funder ALAMI: Tim ALAMI Sangat Suportif di Semua Prosesnya

Untuk info lengkapnya atau memulai pendanaan kamu bisa klik di sini!