Mengenal Apa Itu ISO dan Pentingnya Buat Perusahaan

International Organization for Standardization, atau lebih dikenal ISO adalah standar internasional pada sistem manajemen perusahaan. Standarisasi ini untuk kredibilitas dan pengelolaan data yang dimiliki oleh perusahaan.

ISO menjadi penting dalam memberikan rasa kepercayaan masyarakat. Apalagi dalam industri keuangan dimana data yang dikelola cukup penting dan krusial. Oleh karena itu keamanan data dan segala transaksi menjadi hal utama untuk dijaga.

Bila tidak dijaga maka ada kemungkinan data kita disalahgunain seperti:

  • Data KTP kita tersebar kemana-mana
  • Data diri identitas kits diperjualbelikan
  • Perusahaan mengakses hingga hal-hal privasi seperti kontak hp bahkan percakapan kita
  • Informasi kontak kita disebar hingga mendapatkan penawaran promosi yang aneh-aneh

Itulah mengapa pentingnya ISO. Agar data-data nasabah yang diterima oleh perusahaan dikelola dengan benar tidak disalahgunain seperti contoh diatas.

Hal lain yang menjadi manfaat dari adanya sertifikasi ISO adalah:

  1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan
    Perusahaan yang memiliki sertifikasi ISO akan lebih dipercaya oleh nasabahnya. Karena mereka akan merasa lebih aman.
  2. Jaminan Mutu dan Kualitas Standar Internasional
    Penilaian dan perbaikan yang dilakuin secara terus menerus adalah bagian dari ISO. Menjamin produk dan layanan yang diberikan berkualitas tinggi.
  3. Kepuasan Nasabah
    Nasabah akan merasa lebih puas dengan pelayanan yang baik dari perusahaan. Dari kualitas yang terjaga tersebut akan membuat nasabah merasa puas dan kembali lagi menggunakan jasa dari perusahaan tersebut
  4. Meningkatkan Image Perusahaan
    Perusahaan akan dinilai bertanggung jawab dan serius dalam mengelola data dari pihak-pihak yang berelasi dengan perusahaan tersebut. Para pihak lain yang ingin berelasi juga semakin percaya. Sehingga tidak dinilai sebagai perusahaan bodong yang asal-asalan dalam melayani para pihak dan nasabahnya.

ALAMI sendiri sudah mendapatkan sertifikasi ISO 27001 sejak tanggal 26 December 2019 . Hal ini sebagai langkah nyata dari ALAMI untuk melakukan tata kelola perusahaan yang baik dan benar.

Yang pada akhirnya sertifikasi ISO ini memberikan manfaat kepada perusahaan dan seluruh pihak di ALAMI. Langkah ini sebagai komitmen dari ALAMI memberikan pengelolaan perusahaan yang bertanggung jawab.

Advertisements