Yuhuu…setelah beberapa saat mendapatkan masukkan untuk menerima pendanaan minimal Rp100K, ALAMI akhirnya memutuskan untuk melaksanakannya pada saat momentum Bulan Inklusi Keuangan di bulan Oktober. Untuk meramaikan Bulan Inklusi Keuangan dan berkontribusi meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia, maka sepanjang bulan Oktober ini akan banyak acara dan promosi yang sudah disiapkan oleh ALAMI. Mau tahu lebih lanjut?

Apa Tujuan Bulan Inklusi Keuangan?

Bulan Inklusi Keuangan itu apa sih? Acara sepanjang bulan Oktober ini diadakan oleh Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK), berdasarkan arahan dari Presiden RI, Bapak Joko Widodo, yang ingin meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia dari hanya 76% pada tahun 2019 menjadi 90% dalam 3 tahun ke depan. OJK mengajak semua institusi dan lembaga keuangan untuk turut menyukseskan hal tersebut. ALAMI pastinya mendukung banget usaha dari Pemerintah ini.

Inklusi keuangan adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan tingkat seberapa banyak dari penduduk Indonesia yang tersentuh dengan jasa dan produk keuangan dari berbagai lembaga dan institusi keuangan di Indonesia.

Inklusi keuangan biasanya juga berhubungan dengan tingkat literasi keuangan. Semakin tinggi inklusi keuangan, harapannya juga akan meningkatkan literasi keuangan. Namun, bahkan di saat tahun 2019, indeks Literasi Keuangan di Indonesia masih berkisar di angka 38.03%.

Masih banyak usaha yang perlu kita lakukan. Makanya, ALAMI antusias untuk turut meramaikan Bulan Inklusi Keuangan di bulan Oktober ini dengan berbagai insiatif inklusi dan literasi keuangan, khususnya untuk keuangan syariah, tentunya!

Baca Juga  Wujudkan Impian Punya Rumah dengan KPR Syariah

Promo Bulan Inklusi Keuangan dari ALAMI #1: Pendanaan Minimal Rp100K

Promo Bulan Inklusi Keuangan

ALAMI sudah menyiapkan beberapa kampanye di bulan Oktober yang bisa menerima pendanaan minimal Rp100.000, sementara biasanya jumlah minimal pendanaan harus di Rp1.000.000. Jadi, kamu bisa mulai pengalaman mendanai di ALAMI dengan nominal yang jauh lebih kecil daripada biasanya. Harapannya, tentunya supaya lebih banyak lagi yang bisa mencoba pengalaman mendanai di ALAMI.

Pendanaan minimal Rp100K ini tidak diaplikasikan kepada semua pendanaan yang memulai kampanye pembiayaannya di bulan Oktober.

Kamu harus memastikan bahwa pendanaan yang kamu pilih adalah pendanaan yang memiliki label khusus yang sudah ditambahkan oleh ALAMI Squad. Seperti ini nih contoh labelnya:

Promo Bulan Inklusi Keuangan Pendanaan Mulai Rp100K Label

Promo Bulan Inklusi Keuangan dari ALAMI #2: Gratis Transfer & Penarikan Dana RDF Untuk Semua Pendana Pertama

Satu hal penting yang menjelaskan kenapa ALAMI belum menerapkan pendanaan minimal Rp100K adalah karena minimnya imbal jasa atau ujrah yang akan kamu rasakan jika memulai pendanaan mulai dari Rp100K.

Saat ini, sistem ALAMI baru bekerjasama dengan BNI, sehingga untuk transfer dan penarikan dana Rekening Dana Funder (RDF) ALAMI, akan dikenakan biaya jika rekening kamu bukan dari BNI.

Bersamaan dengan momentum Bulan Inklusi Keuangan ini, supaya kamu lebih leluasa merasakan ujrah dari ALAMI dan tidak ketinggalan pengalaman pendanaan syariah, maka ALAMI akan mengembalikan biaya transfer dan penarikan dana RDF untuk semua pendana yang baru pertama kali mendanai di ALAMI!

Baca Juga  5 Tips Untuk Menabung Dana Darurat

Terms and conditions yang perlu kamu perhatikan untuk promo ini:

-Promo ini berlaku untuk seluruh pembiayaan yang tersedia pada platform ALAMI dan diberlakukan kepada user yang baru pertama kali mendanai pada platform ALAMI

-Hanya berlaku 1x pada masing-masing proses transfer dan withdrawal yang dilakukan oleh user dan hanya berlaku pada semua pembiayaan yang dimulai pada bulan Oktober 2020

-Biaya top-up dan penarikan dana akan dikenakan secara sistem pada awal pendanaan dan dikembalikan bersamaan dengan pengembalian imbal jasa (ujrah)

Oh iya, untuk melakukan pendanaan, pastikan kamu memiliki NPWP ya. Soalnya, ini merupakan persyaratan wajib dari OJK.

Bagaimana dengan mahasiswa yang belum punya NPWP? Kamu bisa arrange dengan Tim Customer Service dari ALAMI Squad untuk menggunakan NPWP orangtuamu, selama mereka belum terdaftar juga sebagai pendana di ALAMI. Jangan khawatir, kita bisa bantu, kok!

Acara Bulan Inklusi Keuangan Lainnya dari ALAMI

Selain dua promo menarik di atas, ALAMI juga sudah menyiapkan beberapa acara. Yuk, simak lebih lanjut di bawah!

Launching Kamus Keuangan Syariah

Teaser Kamus Keuangan Syariah ini sudah bisa kamu lihat di sini. Kamu sudah bisa melihat definisi berbagai istilah keuangan syariah. Namun, di pertengahan Oktober nanti, kita akan update Kamus Keuangan Syariah ini dengan full article istilahnya dari A-Z! Penasaran? Tunggu pengumumannya di IG @alamisharia dan boleh lihat di sini lagi di pertengahan bulan Oktober ya! Semoga pemahaman kita tentang keuangan syariah jadi lebih baik lagi.

Baca Juga  Ini 3 Tahapan Mengenalkan Pengelolaan Uang Kepada Anak

Quiz Keuangan Syariah

Untuk ngetes seberapa dalam pengertian kita tentang keuangan syariah, jangan lupa juga ikuti kuis keuangan syariah ya! Selama beberapa minggu ke depan, kamu akan ditantang dengan berbagai pertanyaan soal keuangan syariah. Hadiah lumayan menarik (lumayan buat beli pulsa dan makan) akan menanti kamu yang berhasil menang! Quiz Keuangan Syariah ini akan dilangsungkan di sosmed ALAMI, jadi jangan lupa untuk sering-sering mampir di IG @alamisharia bulan Oktober ini!

Webinar Bersama Galeri Investasi Indonesia Banking School

Kegiatan literasi keuangan lainnya yaitu bekerjasama dengan organisasi Galeri Investasi dari Indonesia Banking School untuk mengadakan webinar terbuka tentang belajar P2P lending syariah dari Bembi Juniar, Chief Business Officer dari ALAMI. FYI, Galeri Investasi ini adalah kegiatan ekstrakurikuler (klub) mahasiswa yang memang bertujuan buat mengenalkan berbagai instrumen investasi. Kegiatan inipun terbuka untuk umum, jadi pastiin kamu mantengin IG @alamisharia juga ya untuk cara daftar, jam, dan tanggalnya!

Saatnya merasakan pengalaman raih pendapatan pasif lewat pendanaan syariah yang berizin dan diawasi oleh OJK, dengan TKB90 100%! Install dan daftar sekarang menjadi Pendana ALAMI.