Alhamdulillah ALAMI sudah banyak menyalurkan pembiayaan syariah ke berbagai UKM. Jumlah pendana yang memberikan pembiayaan juga terus meningkat sejak terdaftar OJK setahun lalu pada April 2019. Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan seluruh pihak maka ALAMI mengimplementasi Rekening Dana Funder (RDF). Apa itu RDF? Mina akan uraikan ya dibawah ini.

Pengertian RDF, Itu Apa Sih? 

Rekening Dana Funder (RDF) adalah rekening yang dimiliki oleh pendana di ALAMI atas nama pendana itu sendiri. Kalo kamu sudah pernah main di pasar saham maka halnya seperti Rekening Dana Investor atau Rekening Dana Nasabah. RDF ini digunakan oleh pendana selama melakukan transaksi keuangan di ALAMI mulai dari penyaluran pembiayaan sampai pengembalian pembiayaan disertai keuntungan.

Uang yang kamu miliki di platform ALAMI akan berada pada RDF kamu sendiri, bukan ada di rekening ALAMI. Karena ALAMI sebagai platform P2P tidak diperkenankan menyimpan uang nasabah. Lama maksimal uang nasabah mengendap di ALAMI berdasarkan ketentuan hanyalah 2 hari untuk kemudian dipindahkan ke RDF kamu.

RDF ini adalah kerjasama ALAMI dengan bank untuk menjaga dana pendana, sehingga dana pendana aman dan dapat ditarik atau disalurkan kembali ke proyek pembiayaan sewaktu-waktu. 

Kenapa Pakai RDF?

Demi keamanan dan kenyamanan pendana inilah, ALAMI mengimplementasi RDF. ALAMI berkomitmen bukan hanya memberikan kemudahan tetapi juga memberikan rasa aman kepada para pendana.

Baca Juga  Mengenal Apa Itu ISO dan Pentingnya Buat Perusahaan

Berdasarkan arahan dari regulator, platform P2P harus mengembalikan dana nasabah maksimal 2 hari setelah mengendap. Hal ini adalah arahan yang baik untuk diterapkan supaya menghindari penyalahgunaan wewenang dengan memutarkan uang yang mengendap yang mungkin saja dilakukan oleh platform P2P ilegal.

Kapan Mulai Diterapkan RDF di ALAMI?

Sejak bulan Maret 2020 ALAMI sudah menerapkan RDF. Oleh karena itu Mina menghimbau kepada seluruh pendana ALAMI yang sebelumnya sudah terdaftar sebelum bulan Maret untuk melengkapi profil yang baru untuk mengaktifkan RDF. Kamu bisa langsung login disini.

Karena nantinya seluruh transaksi pendana akan menggunakan RDF. Sementara bagi pendana baru yang akan registrasi maka untuk melengkapi profilnya sudah termasuk dengan mengaktifkan akun RDF.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Akun RDF?

Caranya sangat mudah karena data yang dibutuhkan juga tidak banyak.

  1. Login ke platform ALAMI. 
  2. Klik Setting kemudian Profile
  3. Pilih bagian “Lengkapi Dokumen” 
  4. Masukkan dokumen yang dibutuhkan: 
  • KTP
  • NPWP
  • Swafoto (selfie)
  • Rekening Bank

Kalo kamu belum punya NPWP maka kamu bisa menggunakan NPWP dari orang tuamu.

RDF Masukkan swafoto
RDF Swafoto
  1. Tim ALAMI akan segera melakukan verifikasi kelengkapan data kamu.

Apa Manfaat RDF?

  1. Dana kamu sebagai pendana dapat ditampung tanpa ada batasan waktu. 

Karena RDF adalah akun yang dibuatkan oleh bank atas nama kamu sendiri, jadi kamu bisa menariknya atau menyalurkan kembali ke proyek pembiayaan.

  1. Menggunakan RDF juga lebih efisien. 
Baca Juga  Langkah Awal Dima Djani — Membangun Hijrah Movement Melalui ALAMI

Bila sebelumnya ketika kamu mau mendanai suatu proyek, maka kamu akan transfer secara langsung ke VA ALAMI, ketika pengembalian ALAMI akan mentransfer kembali maksimal 2 hari ke rekening kamu yang mana ada biaya transfer. Ketika pake RDF dana langsung tersimpan di akun kamu dan kamu nggak perlu repot transfer lagi ketika ingin langsung ngebiayain suatu proyek.

Dengan menggunakan RDF, maka kamu akan dimudahkan banget untuk proses pendanaan. Transaksi pun jadi terasa lebih aman dan nyaman. Sehingga menjadi lebih percaya lagi untuk sama-sama memberikan pembiayaan syariah melalui ALAMI kepada UKM di Indonesia agar lebih maju dan berkembang lagi.

Transfer Dana Masuk dan Keluar (RDF)

Kamu akan memiliki akun RDF berupa rekening BNI. Seperti halnya no. rekening bank pada umumnya kamu dapat transfer ke nomor rekening RDF kamu. Bila kamu transfer dari BNI maka tidak akan ada biaya transfer. Apabila kamu transfer selain dari BNI seperti bank lain, dompet digital, ewallet maka akan mengikuti biaya transfer ketentuan terkait masing-masing penyedia.

Penarikan dana dari akun RDF kamu bisa dilakukan dengan nominal minimal Rp 10.000. Biaya penarikan dari akun RDF ke rekening kamu sebagai berikut:

  1. Transfer ke sesama BNI tidak ada biaya transfer
  2. Transfer Online Rp 6.500
  3. Sistem Kliring Nasional (SKN) Rp 2.900
  4. Real Time Gross Settlement (RTGS) Rp 30.000
Baca Juga  Panduan Menjadi Funder ALAMI

Apabila kamu tidak ingin menarik dana dari akun RDF juga tidak masalah. Tidak akan ada biaya administrasi bulanan dan juga pertambahan dana melainkan nilainya akan tetap. Jadi kamu bisa langsung memutarkan ke objek pendanaan lainnya di ALAMI.

Penarikan dana dari akun RDF ke rekening kamu akan dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Online dan Pindah Buku (Senin – Jumat Pukul 10:00 s/d 18:30)
  2. SKN dan RTGS (Senin – Jumat Pukul 10:00 s/d 14:00)

Lewat dari jam tersebut atau hari libur akan ditransaksikan pada hari kerja berikutnya.

Kalo kamu belum mengaktifkan RDF kamu, yuk login dan lengkapi data kamu sekarang! 

RDF