Banner

Sedekah merupakan salah satu bentuk ketakwaan seorang muslim atas perintah Allah SWT. Apalagi bagi seorang muslim yang hartanya sudah berkecukupan, sedekah merupakan pelengkap dari amal ibadah wajib lainnya.

Tak terkecuali bagi pesepak bola muslim yang sudah mendapatkan kejayaan di puncak kariernya. Mereka dengan gaji yang melambung, tak segan-segan untuk memberi sedekah kepada masyarakat yang sedang hidup dalam kesusahan. Apalagi bagi pesepak bola yang bermain di klub-klub elite Eropa. Tak hanya ketenaran, tapi juga gaji yang menjulang membuat pesepak bola di Eropa menjadi miliuner.

Ditambah pesepak bola muslim ini dikenal sebagai sosok yang taat, menjalankan perintah Allah SWT. Salah satu amalan yang tak terlewatkan bagi pesepak bola muslim ini adalah bersedekah. Sedekah para pesepak bola muslim ini tak tanggung-tanggung, mulai dari membangun masjid hingga memberikan sedekah di suatu badan amal.

Untuk memberimu sedikit inspirasi tentang sedekah berikut ini Alami ceritakan sepenggal kisah para pesepak bola muslim yang semangat untuk bersedekah. Yuk simak di artikel ini!

isah para pesepak bola muslim
Sadio Mane/sumber: wallpaperaccess.com

1. Sadio Mane: Sedekah Mendirikan Masjid di Kampung Halaman

Sadio Mane saat ini sedang berada di puncak karirnya. Kehidupan Sadio Mane berubah setelah menjadi pesepak bola yang merumput di kompetisi liga-liga Eropa. Dari pemuda Afrika yang serba kekurangan, menjadi pemain bola yang tajir dengan gaji jutaan poundsterling.

Pemain asal Senegal ini merasakan kesuksesan yang begitu gemilang memperkuat klub asal Inggris, Liverpool. Meski sudah menjadi pemain top dunia dengan gaji yang melimpah, Sadio Mane tidak lupa untuk menjalankan perintah Allah SWT, dan memberi sedekah kepada orang miskin. Ia ingat bahwa harta yang dimilikinya berasal dari Allah SWT.

Sebagai seorang muslim ia kerap melakukan kegiatan amal yang sesuai dengan anjuran agama Islam, seperti sedekah dan wakaf. Dilansir dari Muslim Feed melalui Okezone, Sadio Mane menggunakan harta kekayaannya untuk membangun masjid, sekolah, dan rumah sakit di negara asalnya di Senegal, untuk membantu orang-orang masyarakat di sana.

Baca Juga  Ini Penjelasan 5 Nilai P2P Lending Syariah di ALAMI

Sadio Mane juga terlibat dalam proyek amal di berbagai wilayah di Senegal, salah satunya di wilayah Bambali. Selain itu, winger Liverpool ini juga sering bersedekah, memberi sumbangan kepada keluarga-keluarga miskin di kampung halamannya.

Pengen bisa kayak Sadio Mane juga? Ayo kembangin uang kamu di ALAMI P2P Lending Syariah. Dengan ALAMI, kamu sekaligus ikut membantu perkembangan UMKM loh! Caranyakamu bisa download di Aplikasi Alami dengan klik di sini

kisah para pesepak bola muslim
Mo Salah/sumber: wallpaperaccess.com

2. Mohamed Salah: Gemar Sedekah Sejak Kecil hingga Dirikan Masjid di Italia

Siapa yang enggak kenal dengan Mohamed Salah atau kerap disapa Mo Salah. Bagi fans Liverpool, Mo Salah merupakan salah satu pemain yang diidolakan. Penyerang Mesir ini dikenal sebagai sosok yang rendah hati, dan juga sering menunjukkan identitas keislamannya di tengah para pemain Liverpool lainnya yang mayoritas non-muslim. Di samping ketaatannya dalam menjalankan ibadah, Mo Salah dikenal sebagai pesepak bola yang sukses berlaga di Eropa. Kejayaannya ini membuat Mo Salah bergaji besar.

Meski begitu, mantan pemain AS Roma ini, tak lupa dengan harta kekayaannya yang ia dapat selama ini. Selain rajin beribadah, Mo Salah juga dikenal sebagai sosok yang gemar bersedekah Sedekah yang ia lakukan, mulai dari membangun masjid hingga membantu keluarga-keluarga miskin.

Bahkan ketika masih membela Fiorentina, Mo Salah sudah memutuskan untuk mendirikan sebuah masjid. Mo Salah mendirikan masjid di daerah bernama Tuscany yang masih dalam kawasan kota Florence. Dikutip dari BBC melalui iNews.id, Salah sudah terbiasa bersedekah sejak kecil. Uang keluar dari kantongnya tak hanya saat Hari Raya Idul Fitri saja, melainkan hampir setiap hari yang ia bagikan kepada masyarakat yang ada di kampung halamannya.

Baca Juga  Promo Bonus Pendanaan Khusus Buat Kamu di Awal Tahun

Mesut Ozil/sumber: wallpaperaccess

3. Mesut Ozil: Sedekah 80 Ribu Poundsterling untuk Warga Terdampak COVID-19

Pesepak bola muslim selanjutnya ada Mesut Ozil. Pemain timnas Jerman keturunan Turki ini dikenal juga sebagai sosok yang dermawan, sering menyumbangkan harta kekayaannya untuk kegiatan amal. Dan bahkan nih, Ozil bersedekah 80 ribu poundsterling atau sekitar Rp 1,4 miliar ke suatu badan amal di Turki. Sedekah ini digunakan untuk membantu masyarakat Turki yang terdampak akibat pandemi COVID-19. Ozil yang kini bermain untuk klub Turki, Fenerbache menyediakan makanan bagi umat Islam di negara itu selama krisis pandemi Corona. Mantan pemain Arsenal dan Real Madrid ini, menyediakan makanan dan bantuan untuk 16 ribu muslim melalui lembaga Bulan Suci Merah Turki.

Selain itu Mesut Ozil juga memberikan sedekah berupa makanan pada bulan suci Ramadhan. Bahkan, pihak Bulan Sabit Merah Turki, memuji Ozil atas kontribusinya dan mengatakan itu akan diterima dengan penuh syukur oleh mereka yang membutuhkan.

Frederic Kanoute/ sumber: twitter @EuropaLeague

4. Frederic Kanoute: Sedekah Mendirikan Masjid di Wilayah Bekas Andalusia

Pesepak bola muslim selanjutnya ada Frederic Kanoute atau nama lengkapnya Frederic Oumar Kanoute. Bagi kamu pecinta sepakbola Spanyol mungkin sudah tidak asing lagi. Pemain berkebangsaan Mali tersebut memang begitu legendaris di salah satu tim elite Liga Spanyol, yakni Sevilla.

Kanoute juga dikenal sebagai dikenal sebagai muslim yang taat. Bahkan Kanoute, yang saat ini bermain untuk klub liga China Beijing Guoan ini sempat membuat kampanye pada 2007 untuk bisa mendirikan masjid pertama di Sevilla, setelah 7 abad lamanya tak ada masjid di sana. Dan tau nggak sih, ternyata Sevilla itu merupakan bekas wilayah Kesultanan Andalusia dari Dinasti Abbasiyah.

Baca Juga  5 Langkah Memulai Perjalanan Hijrah Finansialmu

Dengan kata lain, Kanoute ini membangkitkan lagi nuansa keislaman di Andalusia ini khususnya di Sevilla! Kampanye Kanoute ini pun membuahkan hasil dengan dana yang terkumpul mencapai 1 juta USD atau sekitar Rp14 miliar.

Ousmane Dembele (kiri)/sumber:twitter @andresiniesta8

5. Ousmane Dembele: Sedekah Membangun Masjid Tanah Leluhur

Ousmane Dembele menjadi salah satu pemain dengan biaya transfer termahal di dunia. Hal tersebut terjadi pada saat Dembele direkrut Barcelona dari Borussia Dortmund yang nilai transfernya mencapai 130 juta euro atau setara Rp2,2 triliun. Pesepak bola muslim berumur 23 tahun ini merupakan pemain timnas Perancis, keturunan Mauritania.

Sejak bergabung dengan Barcelona, Dembele memang menjadi salah satu pemain dengan pemasukan terbesar di dunia saat ini. Dengan harta kekayaannya yang melimpah, tak membuat Dembele lupa pada akhirat. Dembele pun memutuskan untuk mendirikan masjid di negara nenek moyangnya di Mauritania.

Nah, itu dia 5 kisah para pesepak bola muslim yang gemar bersedekah. Selain memiliki karier yang gemilang di benua biru Eropa dengan gaji yang moncer, mereka juga tak lupa dengan urusan akhirat. Semoga 5 kisah singkat ini bisa menambah inspirasi kamu untuk gemar bersedekah. Terutama bagi kamu yang memiliki sedikit kelebihan harta, agar bisa berbagi kepada sesama.

Yuk, lakukan hijrah finansial melalui pendanaan untuk UKM dengan prinsip syariah dan didukung proses yang nyaman, aman, dan efisien dengan teknologi. Platform peer-to-peer financing syariah ALAMI mempertemukan UKM dengan pemberi pendana. Teknologi kami menganalisa ratusan data untuk menghasilkan pembiayaan yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. Daftar sekarang untuk menjadi pendana ALAMI dan nikmati kemudahan proses pembiayaan syariah yang lebih efisien, akurat dan transparan.

ALAMI juga telah meluncurkan ALAMI Android Mobile App. Klik link ini untuk install ALAMI Mobile App sekarang!

Banner