Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri atau lebaran, ada satu tradisi yang hanya ada di Indonesia, yakni mudik. Mudik adalah tradisi yang biasa dilakukan oleh para perantau di kota-kota besar, yang kembali ke kampung halamannya pada saat momen liburan seperti Idul Fitri atau lebaran. Namun larangan mudik 2021 saat ini masih berlangsung.

Mudik menjadi salah satu momen yang paling ditunggu bagi para perantau untuk berkumpul bersama keluarga untuk silaturahmi. Seperti yang kita ketahui bahwa sudah dua tahun ini, kegiatan pemerintah masih menerapkan peraturan larangan mudik 2021. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk menekan penyebaran virus COVID-19. 

Waktu Larangan Mudik 2021

Pemerintah pada Idul Fitri tahun ini masih melarang kegiatan mudik. Hal ini sebagai antisipasi lonjakan kasus COVID-19 di berbagai daerah karena mudik. Oleh karena itu, pemerintah meniadakan kegiatan mudik lebaran pada tahun 2021. Waktu larangan mudik 2021 ini dimulai dari 6 Mei 2021 hingga 17 Mei. Di masa itu akan ada penyekatan di beberapa titik oleh pihak kepolisian agar masyarakat tidak mudik. Selain itu transportasi umum mulai dari pesawat terbang, kapal laut, kereta hingga bus dilarang beroperasi di waktu larangan mudik 2021.

Namun, tentunya dengan adanya larangan mudik 2021, para perantau harus rela merayakan Idul Fitri tanpa keluarga di kampung. Merayakan lebaran di perantauan memang sangat menyedihkan. Tapi jangan khawatir, bagi kamu yang nggak bisa mudik di lebaran kali ini, ada cara untuk mengobati rasa kangen dan silaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Berikut beberapa tips silaturahmi lebaran di saat mudik dilarang: 

Baca Juga  Alami dan Lini Bisnis Bukalapak Kerja Sama Salurkan Pendanaan Syariah

Tips Tetap Bersilaturahmi Meski Ada Larangan Mudik

1. Video Call atau Teleconference

ilustrasi video conference/sumber: freepik

Adanya larangan mudik 2021 bagi kamu yang berada di perantauan tentunya akan membuatmu kesal karena tidak bisa pulang kampung bersilaturahmi dengan keluarga di kampung. Tapi kamu bisa menggunakan teknologi untuk bersilaturahmi dengna sanak saudara di kampung halaman. Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin berkembang. Kamu bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk bersilaturahmi.

Meski fisik tak bisa bertemu, tapi jalinan komunikasi melalui video call atau teleconference bisa dilakukan. Jika kamu memiliki keluarga besar yang tersebar di beberapa wilayah, bisa menggunakan aplikasi teleconference seperti zoom, Google meet atau skype, untuk silaturahmi dengan jumlah anggota keluarga yang lebih banyak. 

2. Salam Tempel Online

ilustrasi transfer online/sumber:freepik

Salam tempel merupakan salah tradisi yang selalu ada di perayaan Idul Fitri. Setiap anggota keluarga yang sudah dewasa dan sudah bekerja atau merantau di kota biasanya akan memberikan uang dimasukkan ke dalam amplop untuk anggota keluarga yang masih kecil atau anak-anak. Sekarang zaman sudah semakin canggih.

Jika lebaran-Lebaran sebelumnya salam tempel diberikan secara langsung atau lewat amplop, saat ini kamu nggak bisa bertemu dengan keponakan untuk memberi salam tempel karena masih ada peraturan larangan mudik 2021, kamu bisa mengirimkan salam tempelmu secara online. Bisa melalui transfer bank atau melalui dompet digital lainnya.

Baca Juga  Alhamdulillah, ALAMI Mobile App Kini Sudah Hadir di App Store

3. Manfaatkan Jasa Kurir untuk Kirim Hampers

ilustrasi hampers/sumber:freepik

Sebagai bentuk silaturahmi jarak jauh dengan kolega, teman atau rekan bisnis, dan bahkan sanak saudara yang berada jauh di kampung halaman, mengirim hampers atau parcel atau hantaran saat lebaran adalah salah satu caranya. 

Meski masih di masa pandemi corona serta masih ada peraturan larangan mudik, kamu masih bisa mengirimkan parcel atau hampers yang berisi dengan berbagai snack aneka peralatan, dan kartu ucapan lebaran. Kamu bisa mengirimkannya lewat jasa kurir. 

Lewat kartu ucapan tersebut, ucapkanlah permohonan maafmu karena nggak bisa pulang kampung untuk sementara waktu. Dalam kiriman tersebut, kamu juga bisa menyisipkan foto dan video dalam bentuk flashdisk atau CD untuk mengobati rindu.

4. Memaksimalkan Media Sosial

Kini zamannya media sosial, di mana akan mendekatkan sesuatu yang jauh. Lewat sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, dan lain-lainnya, kamu juga bisa menuliskan ucapan selamat lebaran dan permintaan maaf.

Jangan lupa menambahkan emoticon dan stiker yang lucu agar tambah meriah. Jadi, siapa bilang nggak bisa pulang kampung karena mudik dilarang artinya nggak bisa bersilaturahmi di lebaran tahun ini. Dengan melakukan cara-cara ini, lebaran kamu tetap bisa meriah meski dari jarak jauh.

Alihkan Ongkos Mudikmu untuk Tabungan Cadangan dan Investasi

Merayakan Hari Raya Idul Fitri atau lebaran di perantauan memang sangat sulit dan nggak enak. Tapi, kamu bisa mengambil sisi positifnya dari larangan mudik. Kamu bisa lebih fokus beribadah, dan yang bahkan menghemat pengeluaranmu. Ongkos mudik tahun ini yang kamu telah persiapkan jauh-jauh hari, bisa disimpan sebagai cadangan perencanaan keuangan di masa yang akan datang.  

Baca Juga  I’tikaf Berdiam Diri di Masjid, Ketahui Hukum, Rukun dan Syarat yang Harus Dikerjakan

Atau bahkan ongkos mudikmu bisa kamu kembangkan lagi dan menghasilkan return yang lebih besar. Seperti misalnya dialihkan ke investasi. Saat ini sudah banyak kok platform untuk mengembangkan uang kamu lebih baik lagi, misalnya platform peer-to-peer (P2P) seperti ALAMI. 

Ongkos mudikmu bisa dialihkan dulu sementara untuk berkembang di P2P Lending Syariah seperti ALAMI. Di ALAMI kamu bisa menjadi pendana atau funder untuk pendanaan UKM yang sedang berkembang di Indonesia. 

Prosesnya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, nyaman, aman, dan efisien dengan teknologi. Teknologi yang ALAMI miliki dapat menganalisa ratusan data untuk menghasilkan pembiayaan yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. Nantinya kamu bakal mendapatkan imbal hasil atau ujrah dari UKM yang kamu danai. 

Daftar sekarang untuk menjadi pendana ALAMI dan nikmati kemudahan proses pembiayaan syariah yang lebih efisien, akurat dan transparan. Saat ini ALAMI Mobile App sudah hadir di Play Store dan App Store. Ayo download sekarang juga!