Memutuskan untuk #HijrahFinansial mungkin bukan hal yang mudah untuk semua orang. Namun, ketika kita menimbang secara obyektif, banyak yang akhirnya bisa melihat dan merasakan manfaatnya. Termasuk juga Robin, funder ALAMI yang menceritakan pengalamannya untuk #HijrahFinansial dari menaruh dana di instrumen konvensional, sampai akhirnya memutuskan untuk mencoba pendanaan dengan sistem syariah di P2P lending ALAMI. Robin is now a happy and loyal funder at ALAMI, karena hasilnya pun memuaskan. Yuk, simak ceritanya lebih lanjut!

Testimoni Robin funder P2P lending di ALAMI

Hi Robin, boleh diceritakan kenapa pertama kali tertarik untuk mencoba menaruh dana di P2P lending?

Pertama, karena biasanya saya naruh investasi di instrumen konvensional yang risikonya lumayan tinggi. Bahkan sampai sekarang pun saya juga masih punya dana yang akhirnya belum jelas dan masih “menggantung” di instrumen konvensional ini. Kemudian, saya dikenalkan dengan pendanaan lewat platform P2P, dan saya menilai invoice financing ini menarik juga, dan imbal jasanya juga menarik. Akhirnya, saya pikir lumayan juga nih untuk saya coba sebagai alternatif. Menurut saya, sistemnya berbeda di ALAMI. Kemudian saya pelajari lagi, ternyata bagi hasilnya juga kompetitif, cukup menguntungkan, dan semua serba transparan.

Apa yang membuat sistemnya berbeda?

Sebelum tahu ALAMI ini, sejujurnya saya tidak tahu apa-apa tentang pendanaan syariah. Tapi setelah saya ikut workshop, seminar, dan dikasih edukasi tentang syariah, saya melihat aspek terpenting dari syariah itu sendiri adalah transparansi. Apa sih transparansi itu? Dimana, nilai bagi hasil ujrah itu estimasinya udah ditetapkan di depan, siapa penerima pembiayaan juga sudah dikasih tahu depan, tidak ada yang ditutup-tutupi. Semua kontrak itu jelas di depan, tidak ada yang aneh-aneh di belakang, itu sih yang paling penting.

Apa yang membuat yakin untuk mendanai di ALAMI?

Jujur dari sekian banyak platform yang ada, saya melihat ALAMI punya founders yang memang berpengalaman dalam bidangnya, they are big players, dan saya lihat izin-izinnya juga lengkap, itu yang membuat saya yakin sih di ALAMI.

Bagaimana selama ini pengalaman mendanai di ALAMI?

Sampai sekarang dari pertama kali saya mendanai di ALAMI sejak Mei tahun lalu, total sudah sekitar lebih dari 20 kali saya menaruh pendanaan di ALAMI. Dan yang paling penting, experiencenya. Saya merasakan antara offline dan online terintegrasi dengan baik. Customer Service sangat proaktif untuk menghubungi, memberitahu tentang project pembiayaan yang cocok untuk investment plan saya.

Apa yang menjadi pertimbangan Robin biasanya ketika mengambil keputusan untuk mendanai?

Selama ini untuk pendanaan, saya pasti melihat background perusahaan, ratingnya, dan berapa kali dia sudah menerima pembiayaan dari ALAMI. Saya biasanya melihat penerima pembiayaan yang recurring di ALAMI, atau yang sudah beberapa kali menerima pembiayaan di ALAMI. Saya biasanya tidak memilih yang baru pertama kali menerima pembiayaan di ALAMI.  

Atau, saya tanya ke Customer Service, karena mereka sudah paham investment plan saya. Saya memang kerapkali menceritakan target keuangan saya, tujuan keuangan saya. Misalnya, dari uang sejumlah ini, saya mengharapkan bisa kembali sebesar ini di akhir tahun. Itu semua yang saya ceritakan ke mereka, dan kemudian mereka bisa menyarankan kemana saya harus menaruh dana saya untuk membantu saya mencapai investment plan yang sudah saya tetapkan di awal. Mereka juga lebih paham perusahaan mana yang punya cashflow yang baik, mana pembiayaan yang cocok.

 Ujrah yang saya dapat rata-rata sekitar ekuivalen dengan 15% p.a. So far, keberhasilannya 100% tanpa ada pembayaran yang telat untuk repayment.

Apa saran Robin untuk mereka yang ingin mencoba mendanai di P2P lending?

Yang harus diketahui, pahami dulu bagaimana latar belakang founders-nya, dan apakah penyelenggara P2P lending tersebut sudah mempunyai izin-izin yang lengkap. Itu sih yang paling penting.

Catatan ALAMI: Nama-nama P2P yang terdaftar dan berizin dari OJK bisa dilihat di website OJK.

Yuk, temukan pengalaman #HijrahFinansial dengan melakukan pendanaan untuk UKM dengan prinsip syariah dan didukung proses yang nyaman, aman, dan efisien dengan teknologi.

Platform peer-to-peer lending syariah ALAMI mempertemukan UKM dengan pemberi pembiayaan. Teknologi kami menganalisa ratusan data untuk menghasilkan pembiayaan yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik.

 Daftar sekarang untuk menjadi pendana ALAMI dan nikmati kemudahan proses pembiayaan syariah yang lebih efisien, akurat dan transparan.