Apakah kamu termasuk salah satu investor pemula yang masih bingung kemana harus menyalurkan dananya? Menjadi Funder ALAMI dan ikut pendanaan di peer-to-peer financing syariah dari ALAMI bisa jadi salah satu pilihan buat kamu.

Pertama, dibandingkan dengan investasi yang lain seperti deposito dan obligasi, potensi imbal hasil yang kamu dapatkan di ALAMI bisa lebih tinggi, yaitu setara dengan 12-20% per tahun.

Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan oleh funder ALAMI Mbak Dwi, semua analisa yang kamu butuhkan untuk membuat keputusan sudah ada di dashboard Pendana dalam bentuk factsheet. Jadi, kamu tidak perlu banyak mendalami sebelumnya ketika mengambil keputusan.

Satu lagi alasan kenapa ALAMI cocok untuk kamu yang pemula, seperti dikatakan oleh Tiar, salah satu Funder ALAMI, tim ALAMI sangat helpful dan suportif untuk kamu di setiap prosesnya.

Yuk, simak lebih lanjut bagaimana pengalaman Tiar sebagai pendana di ALAMI.

Testimoni Tiar Funder ALAMI

Hi, Tiar! Boleh dijelaskan apa alasan kamu menyalurkan dana ke P2P financing?

“Alasan kenapa gue pilih P2P financing adalah karena return-nya yang sangat kompetitif, apalagi bila dibandingkan dengan suku bunga deposito. Jadi, menurut gue, P2P financing ini sangat pas buat dijadikan alternatif investasi.”

Kenapa akhirnya memutuskan untuk menjadi Funder ALAMI?

“Gue mendapat referensi dari teman-teman bahwa ALAMI adalah salah satu pionir P2P financing syariah [di Indonesia] dan juga sebagai salah satu yang terbaik [dalam hal performance]. Selain itu, dari tim ALAMI juga sangat suportif sekali dalam semua prosesnya, mulai dari saat onboarding menjadi pendana sampai ketika gue mulai mendanai.”

Baca Juga  Asuransi Syariah (Takaful) di Indonesia: Kenali Lebih Dalam

Bagaimana pengalaman Tiar selama menjadi Funder ALAMI?

“Gue sudah menjadi pendana di ALAMI kurang lebih selama 1,5 tahun. Based on experience, dari awal sampai sekarang, mereka [tim ALAMI] sangat helpful, sangat suportif, customer service-nya juga oke, yang terpenting mereka bisa membuat kita nyaman dan percaya sama mereka. Jadi selama 1,5 tahun itu gue sudah melakukan sekitar 10 kali pendanaan dan semua experience-nya juga oke, hampir nggak ada masalah.”

Sebagai Funder ALAMI, apa saja kriteria yang Tiar terapkan ketika memilih proyek pembiayaan yang akan didanai?

“Untuk menentukan kriteria pendanaan, ada banyak sisi yang bisa dilihat, dan kalau boleh jujur nggak ada yang 100% benar. Kalau gue pribadi, gue selalu lihat kualitas beneficiary-nya (UKM penerima pembiayaan). Based on experience, ALAMI selama ini menawarkan kualitas UKM penerima pembiayaan yang sangat baik. Itu sebenarnya sangat memudahkan kita untuk memilih mana yang akan kita danai. Yang kedua, kita juga bisa melihat dari bouwheer atau payornya, siapa yang akan membayar UKM penerima pembiayaan. Yang ketiga, lihat juga dari return-nya, dan selama ini ALAMI punya return yang sangat kompetitif jika dibandingkan dengan investment lainnya.”

Apa saran Tiar untuk mereka yang ingin mencoba menjadi Funder ALAMI atau mendanai di P2P financing?

“Banyak yang takut ketika mereka akan mencoba mendanai di P2P, namun sebenarnya ada cara yang mudah untuk memeriksa P2P [mana yang bisa dipercaya]. Pertama kita bisa cek websitenya. Apakah websitenya OK? Kita bisa telepon Customer Service-nya, apakah mereka benar-benar ada. Atau lebih ekstrim lagi, kita langsung visit ke kantornya untuk memeriksa apakah P2P ini benar atau tidak. Namun, ada satu hal lagi yang tidak boleh kalian lupakan, yang penting adalah kalian bisa cek di website OJK, apakah P2P itu sudah terdaftar atau berizin dari OJK. InsyaaAllah, jika sudah berizin dan terdaftar di OJK, maka itu adalah P2P yang lebih baik.”

Baca Juga  Mau Investasi Yang Menguntungkan? Ini 5 Alasan P2P Lending Bisa Jadi Pilihan

Penasaran pengen punya pengalaman mendanai di P2P financing syariah yang nyaman, mudah, dan terpercaya seperti Tiar? Kamu bisa langsung registrasi di website ALAMI sebagai Funder ALAMI, atau konsultasikan dengan Customer Service ALAMI. Kami siap membantu dan menjawab pertanyaan kamu!

ALAMI menyediakan platform peer-to-peer financing syariah di Indonesia yang mempertemukan UKM dengan pemberi pembiayaan. Teknologi kami menganalisa ratusan data untuk menghasilkan pembiayaan yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. Daftar sekarang untuk menjadi pendana ALAMI dan nikmati kemudahan proses pembiayaan syariah yang lebih efisien, akurat dan transparan.